bdadinfo.com

Heboh Banyak Hoax Tentang Gaduh Pengungsi Rohingya di Aceh: Bagaimana Aksi Cyber Polri? - News

Demonstran Mahasiswa Mengusir Pengungsi Rohingya di Aceh (dok. Al Jazeera)

Indonesia pada akhir bulan Desember 2023 lalu, di gemparkan oleh kejadian di Aceh yang melibatkan pengungsi Rohingya dengan sejumlah oknum kelompok mahasiswa.

Kejadian yang dialami pengungsi Rohingya tersebut tentunya sangatlah kelam dan mencederai komitmen Indonesia sebagai anggota PBB.

Tentu nama baik Indonesia sendiri menjadi tercoreng karena adanya tindakan pengusiran pengungsi Rohingya secara paksa oleh sejumlah oknum mahasiswa.

Baca Juga: Nggak Masuk Akal! Andai Ditemukan Harta Karun Saat Membuat Proyek Tol Terowongan di Sumatera Barat Jadi Milik Penjajah Jepang?

Tim redaksi , menghimpun sejumlah informasi yang menyebabkan sejumlah oknum mahasiswa dan mahasiswi ditengarai oleh misinformasi.

Dalam rilisanan resmi Badan Pengungsi PBB (UNHCR) terdapat sejumlah akun propaganda yang menyebarkan berita bohong tentang Rohinya.

Pada postingan tersebut, UNHCR menyoroti beberapa akun yang mengatas namakan UNHCR dan menyebarkan hoax.

Baca Juga: Diluar Akal Sehat! Jalan Tol Baru Trans Sumatera Penghubung Sumatera Utara-Aceh Diserbu Pengedara Hampir 50 Ribu Melintasi Sepanjang Nataru

Sejumlah akun yang mengatas namakan UNHCR tersebut secara masif memberitakan di platform TikTok yang membuat narasi kebencian terhadap pengungsi Rohingya.

Akun-akun yang kebanyakan ber-username UNHCR tersebut secara gamblang mereduksi informasi bahwa pengungsi Rohingya membutuhkan makan, dan tempat tinggal secara gratis.

UNHCR sendiri menyoroti beberapa akun di TikTok yang kuat menyebarkan berita hoax, seperti salah satu akun yang memiliki username @unhcr2015.

Baca Juga: Jadi Destinasi Super Prioritas, Danau Toba Dapat Kucuran Dana Investasi 2 T Tahun Ini: Mau Dibangun Apa?

Pada postingan akun yang mengatas namakan UNHCR tersebut, memposting rasa syukur pengungsi Rohingya yang mendapatkan tempat tinggal dan tanah kosong.

“Alhamdulillah akhirnya dapat tempat tinggal tanah kosong beserta rumah untuk pengungsi rohingnya,” tulis akun tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat