bdadinfo.com

Menguak Penyebab Etnis Rohingya Diusir dari Myanmar, Diancam dengan Genosida hingga Terpaksa Mengungsi ke Negara Lain - News

Illustrasi pengungsi etnis Rohingya  (Pexels.com)

Etnis Rohingya sudah sejak lama menderita akibat perlakuan buruk pemerintah pusat Myanmar.

Semenjak diusir dari Myanmar, beberapa masyarakat etnis Rohingya sendiri telah mengungsi ke beberapa negara dengan mengarungi lautan, termasuk Indonesia.

Dalam beberapa pekan terakhir, banyak masyarakat etnis Rohingya yang telah berlabuh di Indonesia, khususnya daerah Aceh dan diberi status pengungsi oleh pemerintah Indonesia

Baca Juga: Wow! 5 Daerah di Sumatera Barat Ini akan Memiliki Kabupaten Baru, Kota Kamu Termasuk?

Etnis Rohingya adalah kelompok etnis Muslim yang tinggal di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Sementara Myanmar sendiri merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama Buddha.

Alih-alih menyerupai orang Myanmar, etnis Rohingya memiliki ciri-ciri fisik yang cenderung mirip dengan orang India hingga Bangladesh.

Baca Juga: Arti Surat Al Maidah Ayat 2 dan Surat Al Hujurat Ayat 12 13, Kunci Jawaban PAI Kelas 6 Halaman 64 Ayo Berlatih Bagian B

Mereka bahkan memiliki bahasa dan budaya sendiri yang berbeda dengan Myanmar.

Etnis Muslim Rohingya tidak memiliki kewarganegaraan sejak tahun 1982, sehingga mereka tidak mendapatkan hak-hak sebagai warga negara Myanmar.

Konflik antara etnis Rohingya dengan penduduk asli Myanmar dimulai ketika Inggris menjajah Myanmar pada akhir abad ke-18.

Baca Juga: Jangan Diskip! 9 Destinasi Wisata Ini Dekat Bandara Dhoho Kediri, Cocok untuk Mengisi Libur Nataru

Saat itu, India juga menjadi salah satu negara jajahan Inggris, yang membuat banyak orang India datang ke Myanmar untuk bekerja pada Inggris.

Bahkan tak jarang pula Muslim Rohingya yang direkrut menjadi tentara Inggris pada periode Perang Dunia II dan memerangi umat Buddha penduduk asli Myanmar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat