bdadinfo.com

Kamu Penikmat Kopi, Sudah Tahu Daerah Mana Saja Penghasila Kopi Terbaik? - News

Ilustrasi (IST)




- Kopi adalah hasil bumi yang bisa dikonsumsi dengan cara disedu. Kopi juga merupakan hasil dari biji buah kopi yang telah dileburkan.

Dikutip dari laman Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng sejarah kopi di Indonesia dimulai pada saat Gubernur Belanda di Malabar (India) mengirim bibit buah kopi Yaman jenis kopi arabika kepada Gubernur Belanda di Batavia (Jakarta) pada tahun 1696.

Kala itu bibit pertama ini gagal tumbuh karena banjir yang melanda Jakarta. Atas kegagalan itu yang kemudian membuat pengiriman kedua kalinya biji kopi ke Jakarta pada tahun 1699.

Baca Juga: Usaha Pengembangan Usaha Produktif, Mendag Zulkifli Hasan Dorong Peningkatan Kerjasama dengan AS

Indonesia adalah tempat pertama kali kopi dibudidayakan secara luas diluar Negara Arab dan Ethiopia. Dan pada tahun 1711 pemerintah Belanda berhasil mengekspor kopi dan mengirimnya ke Eropa oleh perusahaan dagang Belanda yang dikenal sebagai VOC (Verininging Oogst Indies Company).

Keberhasilan tersebut yang kemudian membuat pemerintah Belanda memaksa petani Indonesia menanam kopi di wilayah lain Indonesia seperti Sumatera, Bali dan Sulawesi.

Kopi adalah minuman yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, bahkan didaerah tertentu kopi telah dijadikan konsumsi wajib. Seperti di Daerah Provinsi Lampung yang menjadikan kopi sebagai minuman wajib dihari Jumat atau lebih dikenal "Jumat Ngopi".

Berikut adalah beberapa Daerah penghasil kopi terbaik yang ada di Indonesia.

1. Aceh

Aceh dikenal dengan masyarakatnya sebagai penikmat minuman kopi, daerah ini pula merupakan penghasilan kopi terbaik dan terbesar di Indonesia.

Kopi Gayo yang berasal dari Aceh cukup terkenal dengan aroma khas dan kekentalannya yang seimbang, kopi ini tumbuh didataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah.

Baca Juga: Begerak Signifikan, Progres Pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin Sudah Sampai 41,34 Persen: Kapan Tuntas?

Berdasarkan dari data BPS 2020, Aceh merupakan salah satu diantara Daerah lain yang menjadi produksi kopi di Indonesia dengan total lahan kopi seluas 126.289 ha, dengan produksi 73.419 ton.

2. Toraja

Toraja merupakan dataran tinggi yang berada di Sulawesi Selatan kopi yang dihasilkan di daerah ini dikenal Kopi Toraja.

Sebagai penghasil kopi terbaik, kopi Toraja digemari karena aromanya yang khas dan harum selain itu tingkat keasamannya yang rendah.

Secara keseluruhan wilayah Sulawesi Selatan memiliki laha kopi seluas 79.394 ha dengan hasil produksi 35.573 ton kopi per tahun.

3. Bali

Bali juga merupakan penghasil kopi terbaik yang dikenal dengan kopi kintamani. Kopi ini hasilkan di Daerah Kintamani, Kabupaten Bangli.

Kopi kintamani dikenal dengan aroma dan teksturnya yang membuat kopi ini tidak terlalu pahit dan tidak meninggalkan pekat.

Secara keseluruhan Bali menyumbangkan hasil kopi sebanyak 4.189 ton per tahun.

Baca Juga: Proyek Tol Trans Sumatera Aman! Inilah Daftar 4 Proyek Jalan Tol di Indonesia Mau Dijual Pemerintah

4. Lampung

Sebagai Daerah penghasil kopi, kopi asal Lampung lebih dikenal dengan jenis robusta dan memiliki ciri khas tekstur yang halus namun rasanya cukup kuat.

Lampung juga termasuk sebagai penghasil kopi terbaik dan terbesar kedua di Indonesia yaitu mencapai 117.311 per tahun dengan luas lahan 156.460 ha.

5. Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan Provinsi penghasil kopi terbaik dan juga terbesar di Indonesia.

Daerah ini menghasilkan kopi Gerudag yang dikenal kopi berjenis robusta. Selain itu kopi tersebut juga hasil dari perkawinan dari kopi Lampung, kopi Bengko, dan kopi cairi Jambi.

Sumatera Selatan tercatat memiliki lahan kopi seluas 250.305 ha dan dapat menghasilkan kopi hingga 198.945 ton per tahun.

Baca Juga: Dikira Produk Luar Negeri! Eiger dan 4 Brand Outdoor Ini Ternyata Asli Brand Indonesia

6. Sumatera Utara

Provinsi ini dapat menghasilkan kopi berjumlah 76.597 ton per tahun dengan luas perkebunan 95.477 ha.

Salah satu kopi yang terkenal dari Sumatera Utara yang banyak disukai adalah kopi Arabika Mandailing yang dikenal di dunia Internasional Sumatera Mandheling Coffe, kopi ini memiliki karakteristik yang tegas, sensasinya yang lembut serta cita rasanya yang kompleks.***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat