bdadinfo.com

Tol Padang Pekanbaru dalam Bahaya! Sumatera Barat Auto Kocar-kacir Kalau Jepang Pergi dari Sumbar, kok Bisa? - News

Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat yang menjadi seksi 1 (satu) dari proyek Jalan tol Padang-Pekanbaru (Dok: Hutama Karya Infrastrukture)

- Sejumlah proyek pembangunan infrastruktur yang penting menanti Sumatera Barat dalam beberapa waktu ke depan.

Salah satunya adalah rangkaian proyek yang termasuk Jalan Tol Padang Pekanbaru yang menghubungkan Sumatera Barat dan Riau.

Sekarang ini, Sumatera Barat sedang fokus menyelesaikan pembangunan Jalan Tol Padang Sicincin yang menjadi seksi satu dari Jalan Tol Padang Pekanbaru.

Baca Juga: Ternyata Proyek Jalan Tol di Jambi Ini Menjadi Ujung JTTS yang Tersambung di Tahun 2024, Kapan sampai Aceh?

Dalam pembangunan jalan tol penghubung dua provinsi antara Riau dan Sumatera Barat tersebut juga melibatkan pihak asing, dalam hal ini adalah Jepang.

Jepang melalui Japan International Cooperation Agency (JICA) turut andil dalam upaya pengkoneksian dua wilayah penting di Pulau Sumatera tersebut.

Direncanakan, Provinsi Riau dan Sumatera Barat akan tersambung melalui Jalan Tol Padang Pekanbaru yang memiliki panjang total 254 km dimana Jepang terlibat di dalamnya.

Baca Juga: Menteri ATR/BPN Nginap 1 Hari di Sumatera Barat Selesaikan Tanah Ulayat, Tol Payakumbuh Pangkalan Jalan Terus?

Jalan Tol Padang Pekanbaru tersebut dibangun dengan memiliki enam seksi yang terbagi dalam dua wilayah pembangunan yaitu di Provinsi Riau dan Sumatera Barat.

Adapun Jepang melalui JICA akan ikut serta berkontribusi pada salah satu proyek dari enam seksi yang ada, tepatnya pada konstruksi Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan tersebut selain menjadi salah satu seksi dari Jalan Tol Padang Pekanbaru yang sangat penting keberadaannya

Baca Juga: Tak Sampai Aceh, Mega Proyek JTTS Baru akan Tersambung hingga Provinsi Ini di Tahun 2024: ke Sumbar Masih Jauh

Hal tersebut dikarenakan, seksi Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan menjadi salah satu proyek pembangunan yang proses konstruksinya cukup sulit.

Jalan Tol Payakumbuh Pangkalan dikabarkan akan dibangun dengan cara menembus perut Bukit Barisan yang membentang di bumi Sumatera Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat