bdadinfo.com

Pakai Sejumlah Teknologi Canggih, Benarkah Tol Padang Sicincin di Sumatera Barat Termasuk Proyek Mahal Jokowi? - News

Proses pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin di Sumatera Barat yang gunakan sederet teknologi canggih dan terbaru (Dok: BPJT Kemenetrian PUPR)

- Proyek pembangunan infrastruktur di Sumatera Barat kembali menyita perhatian.

Hal tersebut terjadi pada salah satu proyek pembangunan yang termasuk pada rangkaian mega proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yaitu Jalan Tol Padang Sicincin.

Jalan Tol Padang Sicincin yang saat ini dalam proses percepatan pembangunan diketahui menggunakan sejumlah teknologi canggih pada proses konstruksinya.

Baca Juga: Sumatera Barat Bersorak! Akhir Tahun 2023 ini, Progres Pembangunan Tol Padang Sicincin Lebih Cepat dari Target

PT Hutama Karya selaku pengembang dari proyek pembangunan infrastruktur Jalan Tol Padang Sicincin menyebutkan sejumlah teknologi yang digunakan pada konstruksinya.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mendukung proses percepatan yang kini sedang ditempuh oleh Jalan Tol Padang Sicincin.

Pihak pengembang pun melakukan pekerjaan konstruksi Jalan Tol Padang Sicincin dengan berbagai strategi seperti mengupayakan metode kerja yang efektif dan efisien.

Baca Juga: Bikin Bangga Sumbar! Ternyata Ini Alasan Tol Padang-Sicincin Bangun Flyover Megah di Atas 3 Jalur Berbeda

Selain itu, penggunaan digitalisasi konstruksi dan teknologi terkini juga turut dilibatkan agar proses pengerjaan lebih optimal.

Adapun digitalisasi konstruksi yang digunakan dalam pelaksanaan proyek Jalan Tol Padang Sicincin ini juga sangat beragam, diantaranya: 

Building Information Modelling (BIM), Light Detection and Ranging (LIDAR) hingga teknologi Kolom Grout Modular (KGM).

Baca Juga: Sumatera Barat Mengejar! Percepatan Tol Padang-Sicincin Sukses Besar, Hasilnya Melampaui Target Pemerintah

Dilansir dari laman resmi Dinas PUPR Kota Banda Aceh, Building Information Modelling atau BIM adalah suatu sistem atau teknologi yang mencakup beberapa pemodelan.

Keunggulannya adalah untuk memudahkan membaca design bangun yang tersedia dalam bentuk 3D.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat