bdadinfo.com

Deretan Gubernur Sumatera Barat yang Paling Tersohor, Nomor 5 Kesayangan Presiden Soeharto - News

sosok Gubernur Sumatera Barat yang memiliki karir hingga menjadi menteri di Indonesia. Hal, ini menunjukkan bahwa sosok mereka memiliki kemampuan dalam memimpin.

 - Ternyata banyak sosok Gubernur Sumatera Barat yang memiliki karir hingga menjadi menteri di Indonesia. Hal, ini menunjukkan bahwa sosok mereka memiliki kemampuan dalam memimpin.

Sumatera Barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dengan ibu kota Padang banyak melahirkan sosok pemimpin yang tangguh sejak dahulu kala. 

Terletak sepanjang Pesisir Barat, Sumatera bagian tengah dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur dan sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Baca Juga: Telan Biaya Hingga 121 Miliar! Pembangunan Pelabuhan Terindah di Kepulauan Riau jadi Mangkrak, Kok Bisa?

Dari utara ke selatan, provinsi dengan wilayah seluas 402.012,89 kilometer persegi ini berbatasan dengan empat provinsi yakni Sumatera Utara Riau Jambi dan Bengkulu

Redaksi telah merangkum dan mengulas deretan gubernur Sumatera Barat dari zaman ke zaman yang dilansir dari kanal youtube Fakta Unik sebagai berikut:

1. Kaharoeddin

Baca Juga: Membuat Teks Penjelasan tentang Gerakan Dasar Pencak Silat, Kunci Jawaban Tema 4 Kelas 6 Halaman 130 131

Kombes. Pol. (Purn) Kaharuddin Datuk Rangkayo Basa (17 Januari 1906 – 1 April 1981) merupakan seorang anggota polisi Republik Indonesia dengan jabatan terakhir Kepala Kepolisian Sumatra Tengah.

Dan kemudian menjadi Gubernur Sumatra Barat yang pertama (1958-1965), setelah provinsi Sumatra Tengah dimekarkan berdasarkan Undang-undang Darurat Republik Indonesia nomor 19 tahun 1957.

Kaharuddin Datuk Rangkayo Basa merupakan tamatan Opleiding School Voor Inlandsche Ambtenaren (OSVIA) (Sekolah Pangreh-praja) di Fort de Kock (Bukittinggi).

Baca Juga: Mulai Investasi Sesuai Prinsip Islami, Yuk Kenali Jenis Reksadana Syariah

Sementara sang istri, Mariah yang dinikahinya pada 1926 merupakan tamatan Hollandsch-Inlandsche School (HIS) (SD 7 tahun) di Sigli, Aceh.

Dalam perjalanan kariernya ia pernah menduduki jabatan mulai dari Asisten Demang, Asisten Wedana Polisi, Kepala Polisi Padang Luar Kota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat