bdadinfo.com

Jembatan Super Megah di Sumatera Barat Menelan Biaya Sangat Fantastis Rp19,8 Miliar Jadi Incaran Wisatawan - News

pembangunan Jembatan Sitti Nurbaya menghabiskan biaya Rp19,8 miliar dari anggaran pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dibantu oleh Asian Development Bank (ADB) dan Overseas Economic Cooperation Fund (OECF).

 - Dipenjuru nusantara dan tanah air sudah pasti mengenal jembatan Sitti Nurbaya adalah jembatan yang membentang sepanjang 156 meter di atas sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat.

Di mana jembatan Sitti Nurbaya menghubungkan pusat kota dengan Seberang Padang. Mengambil nama dari novel klasik Sitti Nurbaya karya Marah Rusli.

Jembatan Sitti Nurbaya adalah akses menuju Gunung Padang, salah satu latar tempat Sitti Nurbaya.

Baca Juga: Soal Infrastruktur Jaringan Telekomunikasi TelkomGroup di Pembukaan FIFA U-17, Kominfo Apresiasi

Dibangun sejak tahun 1995, pembangunan Jembatan Sitti Nurbaya menghabiskan biaya Rp19,8 miliar dari anggaran pemerintah daerah dan pemerintah pusat, dibantu oleh Asian Development Bank (ADB) dan Overseas Economic Cooperation Fund (OECF).

Penggunaannya diresmikan pada pertengahan tahun 2002, ditandai dengan kehadiran pemeran drama televisi Sitti Nurbaya HIM Damsyik, Novia Kolopaking, dan Gusti Randa.

Kota Padang memiliki banyak tempat wisata yang indah. Salah satu tempat wisata yang cukup terkenal yaitu kawasan Jembatan Siti Nurbaya.

Baca Juga: Penetapan Nomor Urut Capres-Cawapres: Anies-Cak Imin 1, Prabowo-Gibran 2, Ganjar-Mahfud 3

Banyak wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini karena di sini dapat melihat pemandangan kota tua Padang, matahari terbenam, hingga berburu kuliner di sore hari.

Sebagaimana halnya Jembatan Ampera yang merupakan ikon dan kebanggaan warga kota Palembang, ternyata kota Padang juga memiliki ikon yang tidak kalah menariknya.

Ikon kota Padang tersebut namanya adalah Jembatan Siti Nurbaya. Menurut sumber yang dapat dipercaya Jembatan Siti Nurbaya mulai dibangun pada tahun 1995 dan selesai serta diresmikan pada tahun 2002.

Baca Juga: Nilai Proyek sampai Rp27 Triliun, Bayar Tol Solo Yogyakarta Gratis, Cek Jadwalnya di Sini!

Jembatan yang berada di atas sebuah sungai bernama Batang Arau ini memiliki panjang 156 meter. Jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan sebuah tempat bernama Taman Siti Nurbaya di Gunung Padang.

Sobat mungkin penasaran mengapa jembatan dan taman yang ada di Padang ini diberi nama “Siti Nurbaya”.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat