bdadinfo.com

Jembatan Siti Nurbaya, Jembatan Paling Ikonik di Sumatera Barat yang Terinspirasi dari Kisah Cerita Rakyat - News

Menikmati Pemandangan Jembatan Siti Nurbaya pada Malam Hari (padang.go.id)

- Saat ini memang Sumatera Barat memiliki tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan seperti Ngarai Sianok, Menara Jam Gadang, Masjid Raya Sumatera Barat dan Istano Basa Pagaruyung.

Tetapi ada satu tempat wisata yang unik dan diangkat dari kisah cerita rakyat yang menjadi kebanggaan dan kenangan berharga bagi masyarakat Sumatera Barat yaitu, Jembatan Siti Nurbaya.

Jembatan Siti Nurbaya, merupakan jembatan yang membentang sepanjang 156 meter, dan berada di  aliran sungai Batang Arau, Padang.

Baca Juga: Kisahnya Melegenda! Demi Turun Hujan, Putri Kemarau di Sumatera Selatan Rela Terjun ke Laut

Jembatan yang berlokasi di Jl. Kp. Batu, Kabupaten Batang Arau, Kecamatan.

Padang Selatan, Kota Padang, ini menghubungkan antara pusat Kota dengan Padang di seberang, nama jembatan itu sendiri, diambil dari kisah novel klasik Siti Nurbaya yang ditulis oleh karya Marah Rusli.

Jembatan Siti Nurbaya saat ini merupakan akses menuju Gunung Padang, dan ada yang mengatakan bahwa tempat ini merupakan salah satu latar tempat kelahiran Siti Nurbaya.

Baca Juga: Rekomendasi Cafe di Sumatera Barat yang Cocok Dipakai Nongkrong sambil Kerja

Pembangunan Jembatan ini dilakukan pada tahun 1995, dan menghabiskan biaya sebesar Rp19.8 Miliar, dari anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) dan Pemerintah Pusat (Pempu), dan dibantu oleh Asian Development Bank (ADB) dan Overseas Economic Cooperation Fund (OECF). 

Sampai akhirnya Jembatan ini diresmikan pada pertengahan tahun 2002, dan ditandai dengan kehadiran pemeran drama Televisi Siti Nurbaya yang diperankan oleh HIM Damsyik, Novia Kolopaking, dan Gusti Randa.

Sehingga saat ini, jembatan tersebut menjadi salah satu ikon unik di Kota Padang, yang menjadi kebanggaan untuk seluruh masyarakat Sumatera Barat.

Baca Juga: 12 Ruas Jalan Tol di Sumatra Bisa Dilewati Saat Mudik Lebaran Tahun 2024, Bye-bye Tol Padang Sicincin

Letak yang sangat strategis membuat Jembatan Siti Nurbaya menjadi salah satu destinasi wisata di Padang, jika dilihat dari sisi barat, kita akan terlihat panorama menghadap Samudera Hindia. 

Sebenarnya jika melihat dari sisi timur, kita akan melihat keindahan Bukit Barisan, dan lampu-lampu yang menghiasi tepi Jembatan Siti Nurbaya, sehingga menambah keindahan di malam hari. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat