bdadinfo.com

Kiprah Orang Palembang (Bag. 3): “Wong Kito Galo” Selalu Beruntung - News

Kiprah Orang Palembang (3) “Wong Kito Galo” Selalu Beruntung (Ilustrasi / Freepik)

Oleh: JANNES EUDES WAWA

Era reformasi telah berlangsung 25 tahun. Sudah empat presiden yang memimpin pemerintahan yang lahir melalui lima kali pemilihan umum yang demokratis.

Yang menarik adalah hampir semua kabinet yang terbentuk selalu ada orang Palembang. Mereka selalu menunjukkan kemampuan bekerja yang optimal.

Saat pemerintahan Presiden Megawati  pada 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004, terpilih Hatta Rajasa menjadi Menteri Negara Riset dan Teknologi. Lelaki kelahiran tahun 1953 ini merupakan putra asli Palembang.

Taufiq Kiemas

Dalam pemerintahan ini ada pula suami Megawati yakni Taufiq Kiemas yang juga putra asli Wong Kito Galo. Lelaki kelahiran Muara Enim, Sumatera Selatan ini memiliki peran yang besar dalam pemerintahan tersebut.

Taufiq di mata para koleganya merupakan sosok politisi yang jujur, sederhana dan mampu membangun relasi yang baik dengan semua kalangan.

Dia juga memiliki kepedulian yang tinggi dan kemampuan merangkul sesama yang luar biasa, termasuk generasi muda tanpa membedakan aliran politik.

Taufiq selalu membawa diri dengan sangat baik sehingga mampu menjadi jembatan yang strategis dalam menghubungkan pemerintah dengan pelbagai pihak di tingkat nasional.

Itu sebabnya, Wakil Presiden Jusuf Kalla melukiskan Taufiq Kiemas sebagai negarawan yang berpikir kebangsaan tanpa memberi sekat di antara anak bangsa.

Bahkan, dalam banyak kesempatan Taufiq menginginkan semua golongan, termasuk partai politik bersatu. Dia memiliki kepedulian yang besar kepada regenerasi kepemimpinan bangsa yang kuat. 

Hatta Rajasa

Ketika pemerintahan beralih kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selama tahun 2004-2009, Hatta Rajasa masuk kabinet lagi. Kali ini dia menjabat sebagai Menteri Perhubungan selama 2004-2007.

Setelah itu menjadi Menteri Sekretaris Negara pada 2007-2009. Saat Presiden SBY memimpin periode kedua, yakni  tahun 2009-2014, Hatta menjadi Menteri Koordinator bidang Perekenomian.

Hatta merupakan sosok yang sederhana, tetap rendah hati, luwes dalam bergaul dan selalu memiliki visi yang kuat untuk memajukan Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat