bdadinfo.com

Rampung 2038! Pembangunan Kawasan Industri Pupuk Terbesar di Papua Senilai Rp30 Triliun Lebih: Untuk Apa Ya? - News

Proyek pembangunan kawasan industri pupuk di Papua (Pexels.com)

- Adanya pertambahan penduduk dan tingginya pertumbuhan ekonomi yang akan meningkatkan permintaan terhadap pangan, air dan energi.

Dengan pemenuhan kebutuhan akan berbagai permintaan tersebut penting mendapatkan perhatian bersama sehingga ketahanan terhadap pangan, energi, dan air adalah keniscayaan.

Oleh karena itu, penting adanya pembangunan pupuk untuk mengatasi ketahanan pangan yang ada di suatu daerah seperti di Papua.

Baca Juga: Top 8 Zodiak dengan Red Flag, Tanda-Tanda Astrologi yang Memerlukan Perhatian Ekstra dalam Hubungan

Dengan adanya proyek Pembangunan Kawasan Industri Pupuk Fakfak di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat sudah dinyatakan resmi akan dilaksanakan.

“Proyek Strategis Nasional (PSN) Kawasan Industri Pupuk Fakfak” yang dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo secara simbolis melalui groundbreaking pada Kamis, 23 November 2023.

Lantaran mengingat telah 40 tahun Indonesia hanya memiliki lima industri pupuk yang dimana semuanya terletak di wilayah barat sehingga Jokowi menyambut dengan baik.

Baca Juga: Asli Suku Karo, Intip Biografi Kiki Runnerup MasterChef Indonesia Season 11, Lulusan Tataboga!

Maka dari itu pembangunan kawasan tersebut dinilai sangat penting agar kawasan timur Indonesia memiliki industri pupuk sendiri nantinya.

Kemudian Jokowi juga yang menjelaskan bahwa alasan pembangunan kawasan industri pupuk tersebut dikerjakan di Kabupaten Fakfak sebagaimana dilansir dari topkonstruksi.com pada 27 November 2023.

Dikarenakan alasannya adalah titik lokasi pembangunan terletak di dekat sumber suplai gas yang diharapkan bisa mendukung rencana besar proyek lumbung pangan di Papua untuk kedepannya.

Baca Juga: Pembangunan Flyover Sitinjau Lauik Masuki Tahap Market Sounding, Proyek KPBU Rp2,824 Triliun Ini Makin Dekat dengan Eksekusi

Sebagai salah satu yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, ketahanan pangan yang menjadi prasyarat mutlak

Selain itu, dalam memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah Papua dan menyuplai pupuk untuk lumbung pangan, proyek strategis nasional Kawasan Industri Pupuk Fakfak ini disebut bisa memenuhi kebutuhan pupuk di wilayah timur Indonesia yakni Maluku Utara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat