bdadinfo.com

Jepang Kembali Menjalin Kerjasama Pembangunan Transportasi MRT Jakarta Fase 2A dan 2B Rute Bundaran HI - Kota: Ditargetkan Rampung 2028? - News

Jepang Kembali Menjalin Kerjasama Terkait Pembangunan Transportasi MRT Jakarta Fase 2A dan 2B Rute Bundaran HI - Kota, Ditargetkan Rampung 2028: Terhubung 7 Stasiun?   / Pixabay

 

- Dengan adanya moda transportasi atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Menteri Basuki yang didampingi oleh para Pejabat Tinggi Madya beserta Kementerian PUPR menuju Stasiun Sisingamangaraja Pukul 14.25 menuju Stasiun Bunderan HI pada Rabu 13 Maret 2019 silam.

Menteri Basuki mengungkapkan kepada awak media terkait kebanggaannya yakni MRT yang dimiliki Indonesia tidak kalah dengan negara-negara lain.

Selain itu Menhub, Budi Karya Sumadi juga dalam kepentingan kunjungan kerja bertemu dengan State Minister of Land, Infrastructure, Transport, and Tourism Japan, Mr. Kokuba Konosuke ke London, Inggris pada Senin 27 November 2023.

Baca Juga: 13 Ruas Jalan Tol Baru Super Canggih dan Megah Beroperasi Tahun Ini, Sumatera Barat Sayonara, Nggak Masuk Daftar Lagi

Adapun dalam pertemuan tersebut, Menhub membahas kelanjutan terkait sejumlah kerjasama pembangunan infrastruktur transportasi yang bekerjasama dengan Jepang yaitu MRT Fase 2A rute Bundaran HI – Kota.

Sekaligus Menhub juga mendorong supaya pembangunan tersebut bisa diselesaikan sesuai dengan target waktu yang sudah ditentukan.

Pembangunan MRT Jakarta yang bertujuan untuk masyarakat bisa menggunakan secara maksimal dan mulai beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi massal nantinya dan mengurangi kemacetan.

Baca Juga: Kalender Januari 2024, Kapan Hari Libur Bulan ini? Dilengkapi Penanggalan Hijriyah!

“Membangun transportasi massal perkotaan di Jabodetabek menjadi suatu keharusan. Dengan terus dilanjutkannya pembangunan MRT di berbagai koridor, diharapkan semakin memudahkan mobilitas masyarakat, serta dapat mengurangi kemacetan dan polusi udara,” ucap Budi

Bahkan Basuki juga mengatakan bahwa kedepannya mobilitas komuter Jakarta yang akan menghadirkan park and ride dimana masyarakat akan parkir di Jakarta.

Maka saat ini pemerintah Indonesia sedang menyelesaikan salah satu paket kontrak dari proyek MRT Fase 2A yakni CP atau Contract Package 205 diantaranya pembangunan sistem persinyalan, telekomunikasi, operasional, daya hingga rel kereta menurut Menhub.

Baca Juga: Dibangun Pakai APBN, Jalan Tol IKN Membelah Rimba Hutan Kalimantan: Pangkas Perjalanan dari 2 Jam jadi 45 Menit! Rampung Lebaran 2024

Dengan melanjutkan perjalanan menggunakan MRT atau transportasi umum lainnya disitulah kehadiran MRT yang akan merubah perilaku dan sikap masyarakat Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat