bdadinfo.com

Mengenal Mycoplasma Pneumonia, Penyakit yang Tengah Merebak di China: Masyarakat Diimbau Tak Panik - News

Mengenal Mycoplasma Pneumonia, Penyakit yang Tengah Merebak di China: Masyarakat Diimbau Tak Panik (Pixabay.com/Chokniti Khongchum )

Menyusul merebaknya penyebaran penyakit undefined pneumonia di China, Kementerian Kesehatan RI mengimbau masyarakat agar tidak panik.

Hal ini juga disampaikan oleh Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dr. Imran Pambudi, masyarakat diminta untuk meningkatkan kewaspadaan diri, terutama bagi mereka yang melakukan perjalanan ke luar negeri.

Nah, lalu apasih sebenarnya bakteri Mycoplasma Pneumonia yang disebut sebagai bakteri penyebab umum infeksi pernapasan? Begini ulasannya.

Baca Juga: Waspada! Maraknya Kasus Mycoplasma Pneumonia Serang Anak-anak di China, Kemenkes Anjurkan Lakukan Ini

Untuk diketahui, saat ini China tengah mengalami ancaman serius dari penyebaran undefined pneumonia yang mulai mewabah sejak November 2023.

Tak hanya di China, penyebaran penyakit radang paru-paru ini juga dilaporkan sudah sampai ke di Eropa dan juga beberapa kasus sudah masuk ke Indonesia.

Dikhawatirkannya lagi penyakit ini juga didominasi menyerang pada anak-anak.

Baca Juga: Disambut Pemandangan Elok Gunung Merapi dan Merbabu, Ini Kesiapan Tol Solo Jogja Jelang Fungsional Saat Nataru

Pneumonia yang saat ini merebak di China pada prinsipnya sama dengan pneumonia yang terjadi di masyarakat.

Penyebabnya adalah karena infeksi bakteri. Namun, menurut laporan epidemiologi, kasus pneumonia di China kebanyakan disebabkan oleh mycoplasma pneumoniae.

Mycoplasma merupakan bakteri penyebab umum infeksi pernapasan (respiratory) sebelum COVID-19.

Baca Juga: Kebut-kebutan Pengerjaan Jalan Tol Jelang Nataru, Berapa Total Panjang Tol yang Siap Beroperasi? 

Bakteri Mycoplasma ini diketahui memiliki masa inkubasi yang panjang.

Oleh karena itu, penyebarannya tidak secepat virus penyebab pandemi COVID-19 dan tingkat fatalitasnya yang cenderung rendah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat