bdadinfo.com

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Dasar IKN Tahap 1 Rampung Tahun 2024 - News

Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Dasar IKN Tahap 1 Rampung Tahun 2024 (Pexels / Spolyakov)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap 1 di Kalimantan Timur selesai pada tahun 2024. 

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan IKN, Danis Hidayat Sumadilaga, menyatakan bahwa progres pembangunan konstruksi dasar IKN tahap 1 sudah mencapai 62,65%. 

"Proyek yang kontrak kerjanya dimulai sejak tahun 2021 termasuk pembangunan jalan tol akses IKN tahap 1, Bendungan Sepaku Semoi, Istana Negara, dan kantor presiden," katanya.

Baca Juga: Progres Pembangunan IKN Berlangsung Pesat, Tahap Pertama Capai 63 Persen, Tahap Kedua 11 Persen

Progres konstruksi saat ini, katanya, untuk Istana Presiden dan lapangan upacara sudah mencapai 42% dan 66% untuk kantor presiden. 

"Infrastruktur dasar utama yang akan selesai pada tahun 2024 termasuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan jaringan jalan untuk meningkatkan konektivitas ke kawasan IKN," katanya.

Pembangunan jalan tol menuju ke kawasan inti pusat pemerintahan KPP IKN untuk tahap pertama juga tengah diselesaikan.

Baca Juga: Mahfud MD Menyerang Gibran tentang Keberadaan Investor di IKN, Ridwan Kamil Menjawab Seperti Ini

Seperti dikutip dari YouTube kang ilo, pembangunan jalan tol IKN terbagi menjadi 3 segmen.

Segmen itu adalah seksi 3A Karanjuang-KKT Kariangau (13,4 KM), seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung (7,32 KM), dan seksi 5S Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang (6,67 KM). 

Progres pada segmen-segmen tersebut adalah 48%, 57%, dan 67% berturut-turut, dengan target rampung pada Juni atau Juli 2024. 

Rencana Outer Ring Road IKN juga telah dimulai dengan progres 4,8% untuk seksi 6 arico dan 17,5% untuk seksi 6B.

Seksi 4 direncanakan untuk membangun terowongan bawah laut (immersed tunnel) untuk menjaga keberlanjutan lingkungan, dengan dua lintasan satwa berupa terowongan pendek. 

Proses rencana ini masih dalam proses lelang pekerjaan desain. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat