bdadinfo.com

Berikut 15 Khasiat Yang Luar Biasa Untuk Tubuh Jika Meminum Air Rebusan Lengkuas - News

Berikut 15 Khasiat Yang Luar Biasa Untuk Tubuh Apabila Meminum Air Rebusan Lengkuas/Organicfact


- Lengkuas atau nama latin Alpinia galanga (L.) Willd, merupakan tumbuhan herbal yang berukuran besar dan dapat tumbuh setinggi 3,5 m.

Merupakan bahan serbaguna yang digunakan dalam masakan Asia Tenggara memberikan rasa pedas dan rasa pelengkap pada bahan-bahan lainnya dalam masakan.

Memiliki sifat hangat, lengkuas memiliki beberapa unsur kimia yang terkandung didalamnya seperti; Terpenoid, tanin, fenol, flavonoid (galangin, kaempferol, kuersetin), saponin, carotol, cineole, fenchyl acetate, β-caryophyllene, methyl cinnammate, camphor.

Baca Juga: Kunci Jawaban PAI Kelas 10 Halaman 120 Evaluasi Uji Pemahaman Bab 7: Malaikat dan Tugasnya serta Perilaku Cerminan Iman Kepadanya

Tanaman ini tumbuh ideal di daerah dengan ketinggian 1–1.200 m dpl, dengan curah hujan 2.500–4.000 mm/th, dan suhu udara 25–29 °C, serta wilayah terkena paparan sinar matahari dengan intensitas yang tinggi. Lengkuas yang menyukai tanah yang lembap, gembur, dan berdrainase baik akan tumbuh dengan subur dan besar.

Beberapa bagian dari lengkuas yang digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yaitu seperti rimpang lengkuas dan buah lengkuas baik kering maupun segar, berikut manfaat yang didapat;

1. Membantu Melawan Peradangan
Kekuatan anti inflamasi pada lengkuas juga dikaitkan dengan menenangkan peradangan di seluruh tubuh. Anti inflamasi seperti karioferida, galangin, galangin 3 metil eter yang berperan didalam lengkuas dapat melawan peradangan.

Baca Juga: Mahasiswi Asal Pasaman Barat Tewas Usai Kecelakaan di Agam

2. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Lengkuas mengandung banyak vitamin C dan lebih dari selusin antioksidan termasuk alpine dan galangin, menjadikannya penambah kekebalan tubuh. Lengkuas yang secara rutin dikonsumsi dengan racikan khusus dapat menjaga stamina dan kesehatan tubuh.

3. Meningkatkan Jumlah dan Motilitas Sperma
Rendahnya jumlah sperma atau oligospermia dapat menyebabkan gangguan kesuburan pada pria dan  merupakan salah satu bentuk masalah kesuburan pada pria. Lengkuas bisa digunakan sebagai afrodisiak dalam meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

4. Mencegah Kanker
Tanaman ini mengandung fitokimia yang terkait dengan pencegahan kanker—berkat sifat antioksidan dan antikarsinogeniknya. Galangin, flavonoid yang ditemukan dalam lengkuas, telah terbukti melawan genotoksisitas kimia.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan Pembangunan Dasar IKN Tahap 1 Rampung Tahun 2024

Galangin juga dikaitkan dengan apoptosis, program penghancuran diri yang digunakan tubuh untuk membunuh sel-sel yang tidak berfungsi. Akar lengkuas efektif melawan kanker lambung, kulit, pankreas, payudara, dan hati. 

5. Antimikroba Alami
Minyak atsiri yang berasal dari rimpang lengkuas kering dan segar dapat menghambat bakteri, ragi, jamur, dan parasit. Terpinen-4-ol, salah satu monoterpen dalam minyak atsiri lengkuas, memiliki aktivitas antimikroba terhadap Trichophyton mentagrophytes.

6. Memperbaiki Kulit
Antioksidan dapat mendukung kesehatan kulit, lengkuas sebenarnya dapat membantu terkait penuaan kulit. Ekstrak lengkuas meningkatkan produksi asam hialuronat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat