bdadinfo.com

Menpan RB Bocorkan CPNS 2024, Lebih dari 1 Juta Formasi, Bagaimana Nasib Honorer? - News

Menpan RB memimpin rapat di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta (Menpan.go.id)

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, mengatakan CPNS tahun 2024 akan segera dibuka dan diperkirakan lebih dari 1 juta formasi terbuka.

Dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024, pemerintah akan memberikan prioritas kepada para fresh graduate dan talenta digital masa depan.

Menurut Abdullah Azwar Anas, dalam seleksi CPNS 2024, akan tersedia banyak formasi yang dapat dilamar oleh para lulusan baru, baik itu untuk tingkat pendidikan SLTA sederajat maupun S1.

Baca Juga: Pengadilan Beberkan Dokumen Berisikan Kontak Terkait dengan Jeffrey Epstein: Muncul Nama Trump, Bill Clinton, hingga Pangeran Andrew

Selanjutnya, Menpan RB memberikan bocoran bahwa rekrutmen CPNS 2024 akan lebih difokuskan pada para lulusan dengan talenta digital.

Langkah ini diambil untuk mendukung upaya digitalisasi yang tengah dilaksanakan di berbagai sektor pemerintahan.

Meski angka pasti total formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen CPNS 2024 belum dipastikan, namun ada bocoran bahwa jumlahnya akan lebih dari 1 juta formasi.

Baca Juga: Fenomena Stroller Anjing Lebih Laku Dari Stroller Bayi di Korea Selatan, Angka Kelahiran Rendah di Korsel Terus Berlanjut?

CPNS 2024 ini sedianya untuk menggantikan ASN yang masuk masa pensiun sebanyak 177.767 orang pada Desember 2023.

Dari jumlah tersebut, sekitar 83,4 persen merupakan ASN daerah, sementara 16,6 persen merupakan ASN pusat.

“Tahun 2024 kita sudah hitung, formasi yang akan kita siapkan itu sekitar 1,3 juta. Perhitungan itu didasarkan pada, pertama, sisa formasi 2023," kata MenpanRB Abdullah Azwar Anas dikutip dari Menpan.go.id.

Baca Juga: Jelang Debat ke-3 Capres, Slamet Ginting: Jangan Ada Lagi Ketimpangan Antara TNI dan Polri

Menurut Anas, pemenuhan ASN pada tahun 2024 akan diprioritaskan untuk kebutuhan pelayanan dasar, khususnya tenaga guru dan tenaga kesehatan.

Lebih lenjut, Anas sendiri belum mengungkapkan rencananya terkait masa depan para honorer di pemerintahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat