bdadinfo.com

Investasi Sektor Otomotif Tahun 2024: Potensi Indonesia Menjadi Pemain Utama Industri Kendaraan Listrik - News

Potensi Indonesia Menjadi Pemain Utama Industri Kendaraan Listrik (Instagram @byd_indonesia)

- Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) optimis kalau tren investasi di sektor otomotif akan tumbuh positif di tahun 2024.

Dilansir dari gaikindo.or.id, pada 10 Januari 2024, sekretaris umum GAIKINDO yaitu Kukuh Kumara menyatakan bahwa Indonesia mempunyai potensi untuk bisa menjadi pemain utama dalam industri kendaraan listrik (electric vehicle).

“Berbicara EV di Indonesia, seharusnya menjadi tempat pusat industri. Sebab, raw materialnya ada di sini,” ujar Kukuh pada Jumat, 22 Desember 2023 dilansir gaikindo.or.id.

Baca Juga: PT Hutama Karya Ingin Hubungkan Jalan Tol Trans Sumatera Riau dan Sumatera Barat di Tahun 2024, Begini Progresnya

“Pembuatan baterai ya, karena nikelnya ada di sini. Kalau kita bandingkan dengan negara-negara ASEAN yang memiliki industri kendaraan maka Indonesia yang seharusnya paling unggul. Selain itu, kita domestik marketnya paling besar yaitu 31 persen di antara negara ASEAN ya,” tambahnya.

Ekosistem EV telah berubah menjadi pasar yang sangat besar dan potensial untuk berkembang di negeri sendiri.

Cadangan nikel yang bisa dikembangkan akan membuat industrialisasi EV tidak hanya berpotensi besar di sisi hilir melainkan juga hulu.

Baca Juga: Jadi Prioritas! Otorita IKN Mengutamakan Investor Domestik dalam Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara

Potensi terbesar tahun 2024 mengharuskan Indonesia terus tumbuh, karena melihat ekosistem yang mulai dikembangkan dan sudah mulai ada yang membuat baterai dan merakit baterai untuk EV tersebut.

Penjualan mobil listrik di Indonesia sepanjang Januari sampai Oktober 2023 meningkat sampai 322 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2022, penjualan didominasi oleh kendaraan jenis hybrid.

Berdasarkan data GAIKINDO, penjualan mobil listrik mencapai 51.831 unit sepanjang 10 bulan pertama tahun 2023, dan naik 322 persen secara tahunan (year-on-year, (YoY) dari 12.281 unit.

Baca Juga: Inilah Jadwal Pemain Bulutangkis Indonesia yang Bertanding di Malaysia Open 2024 Hari Ini

Tidak menutup kemungkinan terjadi pada kendaraan bermotor untuk berkembang juga, melihat potensi Indonesia yang sangat besar jika dilihat dari banyak penduduk Indonesia saat ini yaitu 280 juta jiwa.

Jika dilihat secara rinci, maka penjualan mobil listrik dipimpin oleh Hyundai melalui produknya yaitu Ioniq, Kona EV, dan genesis yang mencapai 6.844 unit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat