bdadinfo.com

Apa Jadinya Jika Tidak Ada Gaya Gravitasi Bumi? Salah Satunya Semua akan Mengapung - News

Bumi jika tidak ada gravitasi (Pixabay / qimono)

- Gaya gravitasi merupakan gaya yang berasal dari gaya tarik menarik Bumi dan sampai saat ini, gaya gravitasi di Bumi belum pernah berubah.

Alasan gravitasi tidak berubah yaitu karena massa bumi tidak pernah mengalami perubahan. Satu-satunya cara yang bisa mengubah gaya gravitasi bumi adalah dengan mengubah massa planet.

Dikutip dari science.howstuffworks.com, pada 20 Januari 2024, gravitasi tidak hanya persoalan apel yang jatuh lurus kebawah atau bagaimana manusia bisa berdiri diatas tanah.Gravitasi pada dasarnya adalah gaya tarik menarik antara dua atom, bukan hanya antara benda dengan bumi, melainkan antara semua objek di seluruh alam semesta.

Baca Juga: Pasca Timnas Indonesia Berhasil Kalahkan Vietnam di Piala Asia, Erick Thohir: Ini yang Saya Mau

Karena itu, semakin besar massa suatu benda, maka gravitasinya akan semakin tinggi.

Gravitasi di bumi tidak pernah berubah. Sebab, massa bumi tidak pernah berubah, sekalipun wujud benda di bumi berubah-ubah, namun massanya tetap sama.

Namun, kira-kira apa yang akan terjadi jika gravitasi di bumi tidak ada? Secara teori, ketika gravitasi bumi tidak ada, benda-benda di bumi akan mengapung dan manusia tidak mampu berdiri diatas tanah.

Tanpa gravitasi, udara berada di atmosfer tidak mampu bertahan lama di bumi dan makhluk hidup tidak akan hidup karena tidak adanya oksigen.

Baca Juga: Dipecat dari AS Roma, Jose Mourinho Siap Gabung ke Klub Arab Saudi?

Kemudian, tubuh manusia akan mengalami perubahan, seperti atrofi otot serta tulang. Selain itu, cairan apapun juga akan mendidih terkena sinar matahari karena tanpa perlindungan lapisan atmosfer.

Bumi juga akan meledak karena semua isi bumi akan keluar karena tidak tertahan gravitasi. Sehingga membuat bumi akan hancur berkeping-keping dan mengapung di luar angkasa.

Kemudian jika pertanyaanya dibalik, bagaimana jika gravitasi tiba-tiba berlipat ganda? Tentu saja hal ini akan menimbulkan dampak yang sama dahsyatnya.

Baca Juga: Timnas Indonesia Menang Tipis Vs Vietnam, Laga Melawan Jepang jadi Ujian Berat di Partai Akhir Fase Grup

Rumah, gedung, jembatan, dan semua yang berdiri diatas tanah akan runtuh karena tertarik gravitasi. Tekanan udara juga akan berlipat ganda dan secara otomatis akan menyebabkan perubahan iklim dan cuaca.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat