bdadinfo.com

Dikebut! Ruas Jalan Tol Kartosuro Klaten Diprediksi Tuntas Juli 2024, Panjangnya Capai 22,3 km - News

Ilustrasi ruas jalan tol Kartosuro Klaten siap rampung pada Juli 2024 (Pixabay )

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, terus memantau kemajuan pembangunan Jalan Tol Yogyakarta Solo.

Hal itu dilakukan Basuki Hadimuljono saat kunjungan kerjanya ke Provinsi Jawa Tengah pada Minggu, 21 Januari 2024.

Ruas Tol Kartosuro Klaten sepanjang 22,3 km telah berfungsi, sementara ruas Klaten Purwomartani sepanjang 3 km dari total 20 km ditargetkan selesai untuk mendukung arus mudik lebaran 2024.

Baca Juga: Sumatera Barat Semakin Sempit, Gara-gara Berdirinya Kota Baru Ini Membuat 4 Kecamatan di Sumbar Bertambah Lagi

Secara keseluruhan, ruas Kartosuro - Klaten diharapkan tuntas pada Juli 2024, sementara ruas Klaten - Purwomartani ditargetkan selesai pada akhir September 2024.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyatakan bahwa pembangunan jalan tol Yogyakarta - Solo akan meningkatkan konektivitas antara Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Provinsi Jawa Tengah.

"Jalan Tol Yogyakarta - Solo akan terhubung dengan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen dan dengan Jalan Tol Semarang - Solo, sehingga akan membentuk segitiga emas pertumbuhan ekonomi pada Kawasan Jogja, Solo, dan Semarang (Joglosemar)," kata Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Kemenag dan Kejari Padang Panjang Teken MoU Datun Jilid II

Ruas Kartosuro-Klaten ditargetkan selesai 100 persen pada Juli 2024, dan ruas Klaten-Purwomartani sepanjang 20 km diharapkan selesai pada akhir Desember 2024.

Menteri PUPR terus mendorong Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jogja Solo Marga Makmur, untuk mempercepat pembangunan Jalan Tol dari Kartosuro ke arah Yogyakarta, yang akan menjadi bagian dari Sistem Jaringan Tol Trans Jawa.

Kehadiran jalan tol ini diharapkan dapat mengurangi beban jalan nasional Yogyakarta - Solo yang sering mengalami kemacetan, terutama menuju destinasi pariwisata sepanjang koridor seperti Candi Prambanan.

Baca Juga: Mengintip Sejarah Istana Kuning, Pesona Kerajaan Islam yang Tersembunyi di Kalimantan Tengah

Selain itu, tol ini diharapkan dapat memperpendek waktu tempuh perjalanan dari Yogyakarta ke Solo dan sebaliknya, serta menuju ke Bandara Internasional Yogyakarta di Kulonprogo.

Jalan Tol Solo - Yogyakarta hingga NYIA Kulonprogo memiliki panjang total 96,57 km, terdiri dari tiga seksi, yaitu Seksi 1 Solo - Klaten - Purwomartani (42,3 km), Seksi 2 Purwomartani - Monjali - Sleman (16 km), dan Seksi 3 Gamping - Kulonprogo (38,57 km).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat