bdadinfo.com

Hore! Jalan Tol di Sumatera Utara Non Prabayar Dinyatakan Rampung dan Sudah Beroperasi, Apa Warga Tahu? - News

Pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa Segmen Kuala Bingai-Tanjung Pura dinyatakan telah rampung (pixabay.com)

- Pembangunan Jalan Tol Binjai-Langsa Segmen Kuala Bingai-Tanjung Pura dinyatakan telah rampung terlebih dahulu dari pada proyek strategis nasional (PSN) lainnya.

Jalan Tol Binjai-Langsa Segmen Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 26,2km inilah yang sudah diresmikan pengoperasiannya oleh Plt. Bupati Langkat, H. Syah Afandin,S.H pada 29 Januari 2023.

Adapun Jalan Tol ini yang merupakan Tol yang menghubungkan Kota Langsa dan Kota Binjai di Sumatera Utara secara keseluruhan sepanjang 130,6km yakni bagian dari Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) paling akhir di Aceh.

Diketahui bahwa Jalan Tol Binjai-Langsa memiliki lima segmen diantaranya Segmen 1 ruas Jalan Tol Binjai-Stabat sepanjang 11,8km, Segmen 2 ruas Jalan Tol Stabat-Tanjungpura sepanjang 26,2km, Segmen 3 ruas Jalan Tol Tanjungpura-Pangkalanbrandan sepanjang 18,9km dan Segmen 4 ruas Jalan Tol Pangkalanbrandan-Kualasimpang serta Segmen 5 ruas Jalan Tol Kualasimpang-Langsa sepanjang 29km yang ditargetkan akan rampung awal 2024.

Baca Juga: Punya 3 Exit Tol, Pembangunan Tol Jogja - Cilacap akan Dimulai dari Kebumen Tahun 2024 ini

Kendati demikian Jalan Tol segmen Kuala Bingai-Tanjung Pura ini pengoperasiannya menyambung segmen Binjai – Stabat sepanjang 7,55km yang telah terlebih dahulu dioperasikan sejak Februari 2022.

Menurut keterangan resmi dari Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo menyatakan bahwa pengoperasian ini menyusul telah mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO).

“Sebelumnya seksi tol ini telah diuji coba terlebih dahulu pada Libur Nataru lalu dengan dioperasikan secara fungsional sejak selama lebih dari dua pekan mulai dari tanggal 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024 dan telah dilalui sebanyak lebih dari 100 Ribu kendaraan dengan lancar serta nihil kecelakaan,” ujar Tjahjo.

Baca Juga: Pembangunan Bandara Megah di Ibu Kota Baru Sumatera Barat! Potret Luas 200 Hektar yang Mengejutkan

Basuki Hadimuljono juga menjelaskan bahwa peningkatan aksesibilitas dan konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol untuk memberi keselamatan, kelancaran, kenyamanan perjalanan dan keamanan.

“Jalan tol ini juga terhubung dengan kawasan l produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” ujar Basuki.

Namun, Kementerian PUPR bersama Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) sedang menyelesaikan pembangunan jalan tol yang bertujuan meningkatkan konektivitas multimoda untuk pelayanan sistem logistik nasional yang lebih efektif dalam meningkatkan daya saing dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

Selain itu, Jalan Tol Binjai – Langsa Seksi Kuala Bingai – Tanjung Pura sudah dinyatakan beroperasi tetapi belum bertarif karena sementara waktu gratis pada 29 Januari 2024 Pukul 07.00 WIB sebagaimana dikutip dari bpjt.pu.go.id.

Baca Juga: Update Progres Pembangunan Cepat Hunian dan Infrastruktur di IKN pada Minggu, 4 Februari 2024

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat