bdadinfo.com

Bak Melayang di Atas Laut hingga Menembus Bukit, Ini 3 Tol Unik di Indonesia - News

Deretan tol unik di Indonesia. (Instagram @pupr_bpjt)

- Jalan tol di Indonesia yang telah beroperasi hingga pertengahan Januari 2024 membentang sejauh 2.816 kilometer.

Jalan tol tersebut tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Bali. Jalan tol terpanjang berada di Pulau Jawa yang totalnya mencapai 1.782,47 kilometer.

Disusul kemudian, jalan tol di Pulau Sumatera yang panjangnya mencapai 865,43 kilometer. Sementara di Kalimantan sepanjang 97,27 kilometer, Sulawesi sejauh sejauh 61,64 kilometer dan Bali 10,07 kilometer.

Dari semua jalan tol yang ada di Indonesia, beberapa di antaranya memiliki keunikan tersendiri. Apa saja keunikannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Sah! AHY Jadi Bagian dari Pemerintahan Jokowi, Sebut Dapat Support dari Prabowo

1. Jalan Tol Bali Mandara

Beroperasi sejak tahun 2013 silam, Jalan Tol Bali Mandara memiliki panjang total 12,7 kilometer.

Tidak seperti jalan tol lainnya di Indonesia, Jalan Tol Bali Mandara bak melayang di atas laut menghubungkan segitiga emas antara Ngurah Rai, Benoa, dan Nusa Dua.

Jalan Tol Bali Mandara merupakan tol pertama di Indonesia yang membentang di atas laut. Selain itu, jalan bebas hambatan ini juga tol di atas air terpanjang di Indonesia.

Keunikan lain jalan tol ini adalah memiliki jalur khusus bagi pengendara sepeda motor yang merupakan satu-satunya di Indonesia.

2. Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri

Berlokasi di Jawa Timur, Jalan Tol Ngawi - Kertosono - Kediri memiliki panjang 87,02 kilometer. Jalan tol ini menghubungkan Ngawi dengan Kertosono.

Baca Juga: Punya Mobil Listrik? Begini Cara Mudah Merawat Baterainya agar Awet Digunakan

Beroperasi sejak tahun 2018 silam, jalan tol ini terdiri dari empat seksi. Seksi 1 Ngawi – Madiun dengan panjang 20 Km, Seksi 2 Madiun - Caruban sepanjang 8,45 Km.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat