bdadinfo.com

Dampak IKN Kabur! Sulawesi Tengah Justru Segera Bangun Proyek Terusan Kalahkan Suez Demi Memangkas Jarak Tempuh Senilai Rp19 T - News

Terusan Suez di Sulawesi Tengah  (Pexels)

- Pembangunan proyek di Sulawesi Tengah belum dapat selesai dengan sepenuhnya karena sedang lebih memajukan provinsi Sulawesi Tengah. 

Sebagai penopang pengembangan pembangunan Ibu Kota Nusantara pindah ke Kalimantan Timur membawa banyak dampak, khususnya di Sulawesi Tengah.

Rencananya Sulawesi Tengah akan membangun sebuah terusan yang tidak kalah dari Suez di Mesir sepanjang 28km. 

Baca Juga: Diresmikan September! Kalimantan Timur Bakal Segera Menikmati Jembatan Terpanjang di Indonesia Jadi Penghubung 2 Kecamatan Disini...

Hadirnya bangunan Terusan nantinya dinilai dapat memangkas biaya bahan bakar yang dikeluarkan 1.000 kapal dalam setahun. 

Selain itu Terusan Sulawesi merupakan salah satu rencana pembangunan sebuah Terusan yang berlokasi di pulau Sulawesi dengan tujuan untuk menjadi jalur laut internasional.

Adapun melalui jalur laut internasional yang ramai dan akan memperpendek jarak transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi.

Baca Juga: Kementerian PUPR Cepatkan Pembangunan Infrastruktur di Ibukota Nusantara untuk Kedatangan Presiden Jokowi dan Peringatan Kemerdekaan

Transportasi laut dari wilayah timur Pulau Sulawesi menuju wilayah barat Indonesia dan ke Filipina dan Malaysia. 

Sehingga ditotal proyek Terusan di Sulawesi Tengah itu akan menghemat biaya bahan bakar mencapai Rp1,9 triliun sekaligus memangkas jarak tempuh.

Bahkan proyek Terusan ini juga akan memudahkan jalur akses distribusi barang ke wilayah IKN maupun sebaliknya.

Baca Juga: Rusia Gelar Pemilu 2024, Berikut Nama Capres yang akan Jadi Lawan Vladimir Putin

Saat ini, setiap kapal dari Indonesia bagian timur yang akan ke IKN harus melintasi bagian selatan Pulau Sulawesi.

Sebabnya, enam pemerintah daerah di Sulawesi yang berencana membangun terusan khatulistiwa yang akan membelah Pulau Sulawesi. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat