bdadinfo.com

Pembaruan Proyek Pembangunan Ibu Kota Nusantara: Fokus pada Bendungan Sepaku Semoi sebagai Sumber Air Baku dan Potensi Wisata - News

Terdapat pembaruan terbaru mengenai proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara dengan fokus pada kondisi pagi hari di kawasan Bendungan Sepaku Semoi yang menjadi sumber air baku penting.

- Akan diberikan pembaruan terbaru mengenai proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara pada kesempatan kali ini. 

Akan dilihat bagaimana kondisi pagi hari di kawasan ibu kota Nusantara dan fokus pada kawasan Bendungan Sepaku Semoi, yang merupakan sumber air baku di kawasan tersebut.

Bendungan Sepaku Semoi terletak di daerah Semoi, Kecamatan Sepaku. 

Baca Juga: Progres Pembangunan IKN: Pemasangan Bilah Garuda dan Rencana Pembangunan Istana Wakil Presiden

Bendungan ini memiliki kapasitas untuk menampung sekitar 6 juta kubik air yang akan dialirkan ke kawasan ibu kota Nusantara, dengan sebagian dialirkan ke Balikpapan. 

Pembangunan Ibu Kota Nusantara merupakan proyek jangka panjang, dan penyediaan air bersih serta air minum menjadi hal penting pada tahap awal pembangunan kota baru ini.

Kondisi terkini dari Bendungan Sepaku Semoi menunjukkan beberapa bangunan ikonik, seperti menara pandang yang menghadap langsung ke arah bendungan. 

Seperti yang dikutip dari YouTube WPS Channel, di area ini juga terdapat fasilitas lain seperti helipad dan penataan kawasan yang ramah pejalan kaki dengan banyak area hijau.

Baca Juga: Viral Xpander Hantam Porsche Seharga Rp8,9 milliar yang Dipajang dalam Showroom, Netizen:Otw Jual Ginjal

Bendungan Sepaku Semoi sering digunakan oleh tamu penting kenegaraan dan Presiden untuk mendarat menggunakan helipad yang ada. 

Saat ini, level air di bendungan masih terlihat dalam warna putih, yang mungkin menunjukkan tingkat air yang aman.

Bendungan ini juga memiliki potensi untuk menjadi tempat wisata karena penataan kawasannya yang cocok untuk berwisata, terutama bagi masyarakat asli Kalimantan dan sekitar IKN

Selain itu, bentuk landscape dan karakteristik tanah di kawasan ini memungkinkan adanya tangkapan air seperti embung dan bendungan.

Baca Juga: Rencana Skema Jual Beli Tanah di Ibu Kota Baru: Opsi Kepemilikan untuk Investor

Ini dapat digunakan untuk pengendalian air dan juga pembangkit listrik tenaga air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat