bdadinfo.com

Jawa Timur Makin Canggih! Proyek Jembatan Terpanjang Ini Rampung dalam 4 Bulan dan Hubungkan 2 Kabupaten Terkenal Sekaligus - News

Jembatan Kali Glidik II, Jatim (Freepik)

- Pengerjaan proyek besar di Jawa Timur masih terus berlanjut dan dalam tahap baru dimulai serta penyelesaian termasuk proyek Jembatan Kali Glidik II

Proyek Jembatan Kali Glidik II dinyatakan rampung 100 persen dan baru saja kembali sediakala yang terletak di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Diketahui, Jembatan Glidik II rusak akibat terjangan lahar dingin semeru pada 7 Juli 2023 lalu. 

Baca Juga: Mudik Lebaran 2024: Korlantas Polri Bakal Pasang ETLE bagi Pengendara yang Langgar Ganjil-Genap

Proses pengerjaan jembatan tersebut lumayan cepat, bahkan selesai sebelum target yang ditetapkan Menteri PUPR RI, Basuki yaitu selama 4 bulan.

Dengan Pemerintah melakukan percepatan pembangunan jembatan tersebut dengan pembangunan dua arah dari Lumajang dan dari Malang.

Selain itu, menurut Yudha bahwa jembatan dengan panjang 45m yang dibangun oleh Tim Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa - Bali Satker Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Provinsi Jawa Timur.

Baca Juga: Dibawah Ini Adalah Contoh Soal Sumatif Akhir Semester Ganjil PJOK Kelas 5 SD Semester 2, Beserta Kunci Jawaban

Pembangunan jembatan masih di titik yang sama, hanya saja dilakukan penguatan pada fondasi agar dapat menahan derasnya aliran lahar dingin Gunung Semeru. 

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali (BBPJN Jatim-Bali) Rakhman Taufik mengatakan bahwa selesainya pekerjaan tersebut.

Rampungnya pengerjaan ditandai dengan open traffic Jembatan Kali Glidik II yang dilakukan pada Kamis 2 November 2023 tepat pukul 09.00 WIB.

Baca Juga: Dilakukan Tes DNA pada Tali Pengikat Kasus Kematian Satu Keluarga di Apartemen Teluk Intan Penjaringan, Begini Hasilnya

Pengerjaan penggantian Jembatan Kali Glidik II yang runtuh akibat banjir lahar dingin pada 7 Juli 2023 rampung lebih cepat delapan hari dari target waktu semula yakni 10 November 2023. 

Sementara, Jembatan Kali Glidik II yang baru merupakan jembatan rangka baja bertipe Jembatan Rangka Baja Permanen Tipe A-45 dengan membentang 45m dan lebar 9m. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat