bdadinfo.com

Proyek Pembangunan Jembatan Terpanjang Penghubung Sumatera dan Riau Dilirik Investor Kakap dari China, Gimana Kelanjutannya? - News

Ilustrasi pembangunan jembatan penghubung Riau dan Sumatera (Freepik)

- Proyek pembangunan jembatan terpanjang yang menghubungkan Pulau Bengkalis, Riau dan Pulau Sumatera menemui babak baru.

Kabarnya investor kelas kakap dari negeri China menaruh perhatian dan menawarkan komitmen untuk mega proyek ini.

Pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera ini disepakati sejak akhir tahun 2023 lalu dengan estimasi biaya fantastis sebesar Rp7 triliun.

Baca Juga: Berbanding Terbalik dari Indonesia, Angka Pernikahan di China Meningkat untuk Pertama Kalinya dalam 9 Tahun, Kok Bisa?

Kedepannya jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 6,1 km.

Nyatanya jembatan fenomenal ini pun dilirik oleh investor BUMN dari China yang ditandai dengan kunjungan calon investor kepada PJ Gubernur Riau dan Sekda Kabupaten Bengkalis.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh PJ Gubernur Riau, SF Hariyanto, investor dari China tersebut menyatakan komitmen untuk membangun jembatan sampai selesai.

Baca Juga: Salat Tarawih di Masjid Al-Mukarramah, Gubernur Sumbar Syiarkan Kemuliaan Manusia Bertakwa

Nantinya, jembatan ini akan didesain dengan istimewa menggunakan sistem buka tutup layaknya jembatan-jembatan yang ada di luar negeri.

Investor tersebut adalah China State Construction Engineering Corporation atau CSCEC yang dikenal telah banyak membangun beberapa infrastruktur di Indonesia.

Ada banyak lagi proyek yang telah dikerjakan oleh CSCEC baik di China maupun di mancanegara.

Baca Juga: Sudah Sejak Tahun 90-an Jadi Wacana, Bendungan di Sumut Rela Habiskan Rp1,7 Triliun Demi Aliri Pertanian Warga, Rampung Tahun ini

Beberapa diantaranya misalnya proyek Shanghai World Financial Center di Shanghai, Nanyang Technological University di Singapura, Burj Doha di Qatar, hingga renovasi Jembatan Hamilton di New York.

Rencananya skema pembangunan Jembatan Pulau Bengkalis-Pulau Sumatera ini akan melalui skema sharing program.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat