bdadinfo.com

Jawa Timur Patut Didukung! Jembatan Terpanjang Pertama di Indonesia Dimiliki di Kota Ini Tapi Keren Jadi Penghubung 2 Pulau Terluas - News

Jembatan Suramadu di Jawa Timur  (unsplash.com)

 

- Sudahkah Anda tahu pembangunan Jembatan pertama di Indonesia yang terpanjang se-Asia Tenggara ini adalah Jembatan Suramadu

Jembatan Suramadu yang terletak di Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat sekitarnya sekaligus ikon Jawa Timur. 

Dengan Jembatan nasional Suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 5.438m yang hubungkan Kota Surabaya dengan Pulau Madura.

Baca Juga: Memahami Pengertian Tentang IISMA, Bagaimana Cara Mendaftar Bagi Calon Mahasiswa yang Ingin Belajar di Luar Negeri

Tujuan dibangunnya jembatan ini ialah untuk mendorong percepatan pembangunan sosial ekonomi di wilayah Pulau Madura.

Mulanya, ide pembangunan jembatan Suramadu diusulkan oleh Prof. Sedyatmo pada tahun 1960 untuk memberikan akses mudah ke Pulau Madura.

Jika dilihat secara administratif, Pulau Madura merupakan salah satu bagian dari provinsi Jawa Timur. 

Baca Juga: 4 Cara Mengatur Keuangan di Bulan Ramadhan, Nomor 2 Sering Terjadi di Masyarakat!

Pada masa itu, banyak orang yang merasa sedikit kesulitan untuk melakukan kegiatan di wilayah Madura sebab aksesnya yang terbatas. 

Hal tersebut juga memengaruhi kondisi pertumbuhan ekonomi dan pergerakan transportasi di Pulau Madura menjadi tertinggal.

Sebabnya seorang insinyur sipil hebat pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, Prof. Sedyatmo merupakan pencetus konstruksi cakar ayam. 

Baca Juga: Uji Kompetensi Pameran Seni Rupa, Kunci Jawaban Seni Budaya Kelas 9 Halaman 181 Semester 2 Kurikulum 2013

Salah satu seorang pencetus yang memberikan ide pembangunan jembatan yang menghubungkan dua wilayah. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat