bdadinfo.com

Riau Beneran Tancap Gas! Segera Dimulai Konstruksi Proyek Jembatan Terpanjang di Indonesia Akhirnya Dicolek Investor, Lagi Ditahap Ini Ternyata... - News

Jembatan Sei Pakning- Bangkalis, Riau (Freepik)

 

- Mega proyek strategis nasional di Pulau Sumatera masih beberapa yang belum rampung dan baru akan dimulai. 

Konstruksi pembangunan Jembatan Sei Pakning - Bengkalis yang akan digadang - gadang menjadi terpanjang se-Indonesia terletak di Provinsi Bengkalis, Riau. 

Terlebih dahulu Bupati Kasmarni dan Gubernur Riau sudah menandatangani naskah kesepakatan pembangunan Jembatan Sungai Pakning - Pulau Bengkalis.

Baca Juga: Camat di Pesisir Selatan Diimbau Segara Tuntaskan Data Rumah Rusak

"Saya yang lahir dan besar di Pulau Bengkalis, menurut saya jembatan ini adalah keinginan yang perlu kita upayakan untuk diperjuangkan kedepannya,” 

“Setidaknya ada lima alasan mengapa jembatan tersebut harus dibangun yakni alasan historis, alasan ekonomis, alasan strategis, alasan kompromistis dan alasan logis," ujar Gubri, Edy Natar.

Gubri Edy Natar menyatakan bahwa dari kajian awal yang dilakukan, pembangunan jembatan tersebut akan menelan biaya sekitar Rp7 triliun lebih. 

Baca Juga: BULD DPD RI Cermati Persoalan Fiskal Daerah Pasca Pemberlakuan UU HKPD

Jembatan tersebut yang akan dibangun sepanjang 6,1km dan diklaim dapat menjadi jembatan terpanjang di Indonesia mengalahkan jembatan Suramadu yang ada di Jawa Timur sepanjang 5,4km.

Bupati Kasmarni sangat menyambut baik rencana pembangunan jembatan penghubung Pulau Sumatera (Sungai Pakning) dengan Pulau Bengkalis. 

Dengan usulan pembangunan jembatan ini telah lama diusulkan Pemkab Bengkalis yang berharap dalam pembangunannya bisa bersama dengan Pemprov Riau dan pemerintah pusat. 

"Pembangunan jembatan Sungai Pakning- Pulau Bengkalis sudah lama menjadi impian banyak pihak. Saat ini, satu-satunya akses transportasi dan mobilitas masyarakat,”

Baca Juga: Demi Mudik Lebaran Nyaman dan Cepat ke Sumatera Selatan, Jalan Tol Terpanjang Se-Indonesia Rangkaian JTTS ini Diaspal Ulang: Rampung Akhir Maret 2024!

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat