bdadinfo.com

Siap Beroperasi, Cek 4 Rute Tahap Awal Penerbangan Bandara Internasional Dhoho Kediri - News

Rute awal Bandara Internasional Dhoho Kediri (topkonstruksi.com)

- Kabar gembira bagi masyarakat provinsi Jawa Timur lantaran sebentar lagi akan memiliki dua bandara internasional.

Bandara Internasional Dhoho yang terletak di Kediri akan siap beroperasi.

Pembangunan infrastruktur Bandara Internasional Dhoho telah rampung, dikabarkan akan segera beroperasi menunggu jadwal dari presiden Jokowi yang akan melakukan peresmian.

Baca Juga: Sumatera Utara Punya! 5 Objek Wisata Andalan Wajib Dikunjungi saat Liburan dengan Keluarga

Dilansir News.com dari Jawapos.com, Gubernur Jawa Timur menyampaikan bahwa Bandara Internasional Dhoho Kediri akan mulai diresmikan sebelum Lebaran 2024 tahun ini.

"Kemarin sudah dua kali Pak Dhito Bupati (Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Red) meminta saya untuk bisa menyampaikan ke pusat. Dan sudah kami sampaikan. Insya Allah sedang dikaji,” kata Adhy dikutip pada Jumat, 22 Maret 2024.

Pada 8 Desember 2023 lalu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa Bandara Internasional Dhoho Kediri akan beroperasi secara komersial pada awal tahun 2024.

Baca Juga: Renovasi Stadion Teladan Medan Menghabiskan 129,1 Miliar: Upaya Kementerian PUPR dalam Meningkatkan Infrastruktur Olahraga

“Bandara Dhoho ditargetkan bisa beroperasi secara komersial pada akhir Januari atau Februari 2024,” tutur Menhub.

Nantinya pada tahap awal baru ada empat rute yang dibuka di Bandara Internasional Dhoho Kediri yakni, Kediri-Banjarmasin, Kediri-Balikpapan, Kediri-Makassar, dan Kediri-Jakarta.

Bandara dengan runaway sepanjang 3300 meter dan lebar 45 meter ini juga akan melayani penerbangan umrah dan haji.

Baca Juga: Tim Pemenang Amin Gugat Hasil Pemilu 2024 yang Dianggap Memiliki Kecurangan, Ingin Mendiskualifikasi Gibran sebagai Cawapres?

"Kami sudah akan memberikan izin penerbangan umroh haji di bandara ini, Di sekitar bandara ini juga sudah memiliki fasilitas penunjang seperti, hotel dan fasilitas lainnya," kata Menhub.

Untuk tahap awal, Bandara Dhoho memiliki kapasitas terminal 1,5 juta/tahun dan akan meningkat seriring tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat