bdadinfo.com

Renovasi Stadion Teladan Medan Menghabiskan 129,1 Miliar: Upaya Kementerian PUPR dalam Meningkatkan Infrastruktur Olahraga - News

Renovasi Stadion Medan (dok.pu.go.id)

- Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Direktorat Jenderal Cipta Karya tengah mengawal proses rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan di Kota Medan, Sumatera Utara.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mendukung peningkatan prestasi olahraga nasional melalui pembangunan dan rehabilitasi sarana olahraga.

"Melalui proyek rehabilitasi ini, Stadion Teladan diharapkan dapat menjadi fasilitas olahraga yang lebih baik bagi warga Sumatera Utara dan mendukung penyelenggaraan event-event, khususnya di bidang sepak bola," ujar Menteri Basuki dikutip dari pemberitaan website resmi PUPR Minggu17 Maret.

Baca Juga: Tim Pemenang Amin Gugat Hasil Pemilu 2024 yang Dianggap Memiliki Kecurangan, Ingin Mendiskualifikasi Gibran sebagai Cawapres?

Stadion Teladan, yang dibangun sejak tahun 1951 dan diresmikan pada tahun 1953 menjelang penyelenggaraan PON III Tahun 1953, kini menjalani proses rehabilitasi dan renovasi yang akan meningkatkan kualitasnya.

Proyek ini akan meliputi pembangunan kembali stadion dengan luas lahan 36.000 m2 dan tiga lantai.

Kepala BPPW, Deva Kurniawan Rahmadi, menjelaskan bahwa pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan telah dimulai sejak Desember 2023 oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung sebagai kontraktor pelaksana.

Baca Juga: Kalimantan Barat Siap-Siap Melenggang Jadi Daerah Maju! 3 Infrastruktur Baru di Kalimantan Barat Diresmikan Jokowi, Totalnya Mencapai Rp1,3 Triliun

Proyek ini didukung oleh dana APBN sebesar Rp275,09 miliar.

Kolaborasi dengan Pemerintah Kota Medan juga dilakukan untuk pembangunan fisik sarana pendukung stadion dengan anggaran Rp129,1 miliar dari APBD Kota Medan.

"Pekerjaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Teladan telah mencapai progres 3% dan diharapkan akan selesai pada Desember 2024.

Baca Juga: Dapat Suara Tertinggi di Partai Perindo Dapil Jawa Barat VII, Komedian Aldi Taher Lolos ke Senayan? Cek Faktanya

Setelah selesai, stadion ini dapat menampung hingga 20.080 penonton, termasuk tempat duduk untuk penonton difabel," ungkap Deva.

Rencana rehabilitasi mencakup berbagai tahapan, mulai dari persiapan hingga pemugaran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat