bdadinfo.com

Jambi Unjuk Gigi! Bangun Stadion Super Megah Berstandar FIFA Laksana Stadion Sepakbola di Liga Premier - News

Stadion di Jambi nantinya akan berstandar FIFA dan akan sekeren stadion Yan Wijaya yang ada di Jawa. Melihat dana yang digelontorkan hampir sama dengan dana pembuatan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, bisa jadi nantinya stadion milik masyarakat Jambi ini akan lebih bagus.

 - Siapa sangka provinsi Jambi akan membangun stadion sepak bola super megah. Di mana Jambi adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur, di bagian tengah pulau Sumatra, ibu kotanya berada di kota Jambi.

Provinsi Jambi ini ternyata memiliki luas wilayah 50.160,05 km2 ini, pada akhir tahun 2023 memiliki jumlah penduduk 3.760.275 jiwa.

Di mana Jambi adalah nama provinsi di Indonesia yang ibu kotanya memiliki nama sama dengan provinsi selain Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Gorontalo.

Baca Juga: Daftar 20 Negara Paling Bahagia 2024, Finlandia Kembali Duduki Peringkat Pertama, Ada Indonesia?

Jambi merupakan wilayah yang terkenal dalam literatur kuno. Nama negeri ini, sering disebut dalam prasasti dan juga berita-berita Tiongkok.

Ini merupakan bukti bahwa, orang Cina telah lama memiliki hubungan dengan Jambi, yang mereka sebut dengan nama Kien-pi atau Chan-pei.

Diperkirakan, telah berdiri empat kerajaan Melayu Kuno di Jambi, yaitu kerajaan Koying (abad ke-3 M), Tupo (abad ke-3 M), Kantoli (abad ke-5) dan Zabag.

Baca Juga: Telah Diresmikan! Pembangunan Bandara Singkawang Ternyata Hasil Kolaborasi Sektor Publik dan Swasta, Segini Anggarannya

Daerah pedalaman Jambi juga ditemukan Prasasti Karang Berahi, prasasti ini berbahasa Melayu Kuno ditulis dalam aksara Pallawa, dengan pertanggalan abad ke 7 Masehi.

Jambi juga terkenal mempunyai kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, dengan luas 3981 hektare, yang dikenal dengan nama Candi Muaro Jambi.

Kemungkinan besar merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya dan Melayu, yang diperkirakan berasal dari (abad ke-7–12 M).

Baca Juga: Ryu Jun Yeol dapat Julukan Medium Ugly, Ternyata Inilah Penjelasan Istilah yang Sedang Ramai di Media Sosial Ini

Candi Muara Jambi merupakan kompleks candi yang terbesar dan yang paling terawat di pulau Sumatra.

Melansir dari kanal Youtube Mata Proyek, rencananya stadion baru ini akan diberi nama Swarnadwipa Jambi atau Swarnabhumi Jambi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat