bdadinfo.com

Bertaraf Internasional! Lahan Pertanian Dikeruk Jadi Bandara Pertama dan Termegah se-Indonesia di Jawa Barat akan Segera Dimulai, Lokasinya? - News

Bandara Internasional Karawang, Jabar (Pexels)

- Pembangunan Bandara di seluruh Nusantara terus berlangsung sampai saat ini terutama Bandara Internasional. 

Bandara Internasional yang akan dibangun di Karawang nantinya menjadi yang pertama dan termegah di Jawa Barat dengan melibatkan JICA dalam pengerjaan. 

Rencana pembangunan Bandara di wilayah Karawang, Jawa Barat untuk yang saat ini tengah menunggu hasil studi analisis.

Baca Juga: Segera Dibangun Konstruksi Pembangunan di Kalimantan Selatan, Jadi Penghubung 2 Sungai Terpanjang Se-Indonesia di Kabupatennya Disini...

Hasil studi analisis terkait dampak lingkungan yang dilakukan oleh JICA diperkirakan rampung September 2012 akan dibangun pihak swasta.

Sehingga Bandara yang akan dibangun di atas lahan Perhutani yang saat ini terdapat tanaman perdu atau lahan tidur. 

Menurut Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Herry Bakti S Gumay tidak akan mengganggu lahan persawahan yang telah ada. 

Baca Juga: Sumatera Utara Bakal Miliki Bendungan Termegah di Indonesia Ditargetkan Rampung Juli 2024, di Sini Lokasi Persisnya

Persawahan yang telah ada karena diketahui Karawang merupakan salah satu sentra penghasil beras untuk pasokan nasional.

Dengan begitu, pihaknya masih tetap menunggu hasil dari studi analisa JICA sebelum mengambil keputusan perencanaan pembangunannya. 

“Pemerintah hanya pemrakarsa dan yang membangun swasta. Nantinya Bandara akan dibangun dengan mengusung eco air port, bandara yang berwawasan lingkungan,” ucap Herry di Jakarta pada Jumat 31 Agustus 2023. 

Baca Juga: Konstruksi Pembangunan Stadion Pertama dan Terbesar Berstandar FIFA di Kabupaten Sumenep, Masih di Jawa Timur Tapi Lokasinya

Adapun pengembangan bandara Karawang menurut Herry dilakukan dalam upaya mengurangi beban kepadatan di bandara Internasional Soekarno Hatta.

Bandara Internasional Soekarno Hatta yang terus meningkat setiap tahunnya dengan kapasitasnya nanti akan sama dan menjadi multi bandara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat