bdadinfo.com

Bandung Semakin Merajalela! Jalur Ganda 3 Stasiun 1 Halte Termegah di Indonesia, Gunakan Teknologi Persinyalan Canggih dalam Negeri? - News

Jalur Ganda Cicalengka, Bandung  (Freepik)

- Pengerjaan proyek jalur ganda Kiaracondong Cicalengka, Bandung yang akan direncanakan oleh Menhub terkait pengembangan. 

Belum genap sebulan musibah tabrakan KA Turangga dengan KA Commuter Bandung,  muncul berbagai spekulasi penyebab insiden tersebut. 

Namun selain investigasi untuk mencegah kejadian serupa dalam upaya peningkatan perlu sebagai bentuk antisipasi dan bentuk menyambut pengembangan.

Baca Juga: Kabupaten Siak! Baru Diresmikan Masjid Termegah Bakal Miliki Fasilitas Terbaik, Kapan Beroperasi Penuh?

Pengamat Transportasi, Djoko Setijowarno mengatakan, jalur kereta api tunggal yang merupakan faktor penyebab kecelakaan tersebut.

“Tabrakan KA Turangga dan Commuter Line Bandung Raya pada Jumat, 5 Januari 2024 yang terjadi di KM 181+700 petak jalan antara,” 

“Stasiun Haurpugur-Stasiun Cicalengka, Jawa Barat. Di jalur ini jalur kereta api masih tunggal (single track),”

Baca Juga: Viral! Pria Bermobil Kepergok Mencuri Bra di Perumahan, Bikin si Wanita Histeris: Jauh-Jauh dari Saya!

“makanya perjalanan kereta api dua arah harus berjalan bergantian,” dalam keterangannya pada Minggu 7 Januari 2024. 

Menhub, Budi Karya Sumadi menyebut temuan awal menunjukkan kesalahan teknis menjadi salah satu penyebab potensial terjadinya kecelakaan. 

“Ada satu kemungkinan, bahwa ada kesalahan teknis, pelanggaran standar operasi prosedur [SOP] dari faktor manusia,”

Baca Juga: Chaeyoung TWICE dan Zion.T Dikabarkan Sudah Pacaran 6 Bulan, Begini Kata Agensi

“dan hal-hal lainnya yang sedang kita proses,” ujar Budi Karya dalam Rapat Kerja dengan Komisi V DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta pada Kamis (18/1/2024).

Setelah itu Budi Karya Sumadi memberikan 3 usulan untuk mencegah hal serupa, salah satunya adalah pembangunan jalur ganda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat