bdadinfo.com

Nostalgia Foto-foto Bus Zaman Penjajahan Belanda yang Merajai Aspal Hitam di Sumbar yang Penuh Sejarah Bagi Perjuangan Bangsa - News

Bayangkan PO bus ini Lahir sebelum Indonesia merdeka. NPM Menjadi simbol perlawanan atas penjajah di mana PO NPM adalah salah satu PO tertua di Indonesia NPM berdiri sejak tahun 1937.

 - Bagi anda yang memiliki kenangan perjalanan menggunakan bus.  Ternyata masih banyak yang tidak mengetahui kapan berdiri PO NPM oleh sebab itu redaksi mencoba mencari sekilas sejarah perusahaan otobus PT. NPM yang berasal dari Kota Padang Panjang-Sumatera Barat.

Bayangkan PO bus ini Lahir sebelum Indonesia merdeka. NPM Menjadi simbol perlawanan atas penjajah di mana PO NPM adalah salah satu PO tertua di Indonesia NPM berdiri sejak tahun 1937.

Sebelum Indonesia merdeka berdirinya berbarengan dengan PO Sibualbuali di Sipirok Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, Yogyakarta.

Baca Juga: Luas Kertas Pembungkus Cokelat Bola, Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 310 Uji Kompetensi 5 Soal No. 8-11

Sang pendiri Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang sebelum tahun 1937 menjalankan usaha Bendi atau dokar Kereta yang ditarik oleh kuda untuk mengangkut penumpang masyarakat Padang Panjang yang ingin berpergian.

Ketika itu kota Padangpanjang merupakan sebuah kota yang sangat ramai karena di kota ini ada arena pacuan kuda yang sangat legendaris di jaman kolonial Belanda

Pada tahun 1937 bersama dengan rekannya sesama pengusaha di Padangpanjang mereka berkongsi mendirikan perusahaan otobus yang diberi nama NPM.

NPM merupakan akronim atau singkatan Naikilah Perusahaan Minang yang merupakan usaha angkutan bus umum yang didirikan pada tahun 1937 oleh Bapak Bahauddin Sutan Babanso Nan Kuniang di Padang Panjang Sumatera Barat.

Baca Juga: Pemko Pariaman Mulai Pengerjaan Kanal Penyelamatan Eks KRI Teluk Bone 511

Pada awalnya berkongsi dengan partner bisnisnya untuk membeli satu unit bus yang pertama.

Namun, pada perkembangannya rekan bisnis pendiri NPM mengundurkan diri dan kepemilikan saham NPM menjadi 100% milik keluarga Bapak Bahauddin Sutan Babanso nan Kuniang

Walaupun Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang adalah pendiri sekaligus direksinya beliau tidak memiliki saham di PT NPM.

Pemegang saham NPM pada 1937 sampai 1976 adalah istri dan 9 anaknya dengan masing-masing saham sebanyak 10%.

Trayek awal NPM adalah antarkota dalam provinsi Padang Panjang Sawahlunto pulang-pergi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat