bdadinfo.com

Putra Terbaik Sumbar yang Kampung Halamannya Tidak Tercatat di Peta Besar Indonesia Tapi Jadi Seorang Ilmuwan Jenius Yang Paling Berpengaruh di Dunia - News

Oki Muraza berdarah Minangkabau ini sebagai ilmuan Teknik Kimia berkebangsaan Indonesia masuk sebagai salah satu dari ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia

 - Ternyata, siapa sangka banyak yang tidak mengetahui orang Minangkabau banyak melahirkan seorang ilmuwan yang berpengaruhi di dunia saat ini dan sangat membanggakan bangsanya.

Memang, anda mengenal orang minang atau biasanya kalian menyebutnya orang Padang? Dan kalian biasanya menyangka orang minang itu cuma bisa berdagang saja.

Namun, jangan salah, banyak loh ilmuwan jenius di indonesia yang berdarah minang. Siapa aja sih? Kalian tentunya penasaran kan?

Baca Juga: Ilmuwan Cantik Asal Sumbar Bikin Mata Dunia Takjub! Satu-satunya Penemu Teknik Kromatografi Tercepat di Dunia

Salah satunya seorang Ilmuwan bernama Oki Muraza berdarah Minangkabau ini sebagai ilmuan Teknik Kimia berkebangsaan Indonesia masuk sebagai salah satu dari ilmuwan yang paling berpengaruh di dunia.

Oki Muraza adalah putra desa dari sebuah kampung kecil di Sumatera yang tidak tercatat di peta besar Indonesia.

Alhamdulillah, Rabb yang Maha Penyayang, memberikan pendidikan ke SMA Taruna Nusantara (1993-1996) di Magelang dengan beasiswa penuh untuk sekolah berasrama ini.

Kemudian Oki melanjutkan kuliah ke Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung (1996-2001). Selepas kuliah, Oki bekerja di lepas pantai di laut Jawa sebagai Chemical Supervisor.

Saat mendapatkan beasiswa ke TU Delft (2002-2004), Belanda, Oki belum lama dipromosikan sebagai Production Supervisor di Offshore South East Sumatra (2001-2002).

Oktober 2008, Oki memulai dunia baru sebagai promovendus (junior researcher) di TU Eindhoven. Sejak Juli 2010, Oki adalah Assistant Professor di KFUPM, Saudi Arabia.

Saat ini Oki adalah Associate Professor bidang Teknik Kimia di KFUPM. Sejak bergabung di KFUPM, Oki.

Sebagai Principal Investigator berhasil memenangkan dana penelitian sebesar 18 SAR atau hampir 64 milliar Rupiah.

Oki menyukai menulis dan mengunjungi daerah baru; menulis apa saja mulai dari rencana penelitian hingga menulis catatan belanja pekanan (smile).

Baca Juga: Curhat Pedih Lolly di Depan Pagar Rumah Nikita Mirzani, Memohon Diizinkan Bertemu Usai Ditolak Berkali-kali

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat