bdadinfo.com

Pemburu Harta Karun Australia Terjun Langsung di Bengkulu, Cek 3 Titik Lokasi Harta Karun Emas Murni Diperut Bumi Seluas 30 Ribu Hektare - News

Kandungan emas di Provinsi Bengkulu ini berada di Kabupaten Seluma. Keberadaannya sudah lama diketahui namun belum dimanfaatkan sampai sekarang.

 

 - Bengkulu adalah sebuah provinsi yang berada di Pulau Sumatra, Indonesia. Ibu kota provinsi ini terletak di Kota Bengkulu.

Provinsi Bengkulu ini terletak di bagian barat baya Pulau Sumatra dan pantai barat di bagian selatan Pulau Sumatra yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Jambi, Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung pada wilayah sekitarnya.

Pada tahun 2020, jumlah penduduk provinsi Bengkulu ini sebanyak 2.091.314 jiwa, dengan kepadatan 105 jiwa/km².

Baca Juga: SMAN 2 Sutera Pesisir Selatan Mendapatkan Kunjungan Dua Universitas Terkenal

Provinsi Bengkulu terletak di bagian Barat Daya Pulau Sumatera dan berada di pantai barat bagian Selatan Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan garis pantai Samudera Hindia di sisi barat provinsi tersebut.

Dengan luas wilayah yang hanya sebesar 19.919,33 km2, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi terkecil urutan pertama di daratan Pulau Sumatera dan provinsi terkecil urutan kesepuluh di Indonesia.

Namun, apabila di tambah dengan provinsi yang berbentuk kepulauan yang terpisah dari daratan Pulau Sumatera, Provinsi Bengkulu merupakan provinsi terkecil urutan ketiga dari sepuluh provinsi yang terdapat di Pulau Sumatera, setelah Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Bengkulu Selatan. Bahasa yang banyak digunakan selain bahasa Indonesia adalah bahasa Serawai, bahasa suku Serawai yang mendiami kabupaten ini.

Dulunya kabupaten ini masuk dalam kabupaten tertinggal sebab berpenduduk sedikit dan belum sama sekali berkembangnya potensi unggulan daerah.

Tetapi sejak tahun 2008 kabupaten ini bukan lagi kabupaten tertinggal karena padi adalah potensi unggulan kabupaten ini.

Baca Juga: Warga Padang Antusias Lakukan Padang Bagoro, Hendri Septa Sampaikan Apresiasi

Sebab itu di setiap kecamatan kebutuhan padi, beras dan kebutuhan pangan sudah mencukupi.

Selain padi, potensinya juga pada sektor perikanan yang menjadi penghasilan utama masyarakat sekitar yang berada di pinggir pantai seperti kecamatan Pinoraya, Pantai Seluma dan lain-lain.

Berikut merupakan batas wilayah kabupaten Seluma:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat