bdadinfo.com

Tanah Longsor Gerus Jalan Tol di Cina Akibat Hujan Deras, 23 Mobil Terperosok Ke Lereng Curam serta 48 Orang Tewas - News

Tanah longsor gerus jalan tol di Cina akibat hujan deras

- Terjadi sebuah longsor yang menggerus jalan tol di daerah pegunungan yang berada di provinsi Guangdong, Cina di tengah jutaan orang-orang berlibur saat libur Hari Buruh Internasional.

Longsor tersebut terjadi akibat hujan deras pada Rabu jam 02:10 dinihari yang menyebabkan 23 mobil terperosok ke lereng curam yang mengakibatkan 48 orang tewas dan 30 lainnya terluka. Bagian longsor tersebut sepanjang 17,9 meter.

Jalan tol tempat terjadinya longsor tersebut berada di Meizhou yang di mana sejak akhir April dilanda hujan lebat dan hujan es sehingga memicu tanah longsor yang berbahaya, menggenangi rumah-rumah serta menghancurkan jembatan.

Baca Juga: Andre Rosiade Apresiasi KBRI Qatar Bikin Suasana Stadion Seperti di GBK

Akibat bencana tersebut, jalan tol kedua arah ditutup untuk kepentingan evakuasi yang melibatkan 500 personil darurat, termasuk pemadam kebakaran dan ahli penyelamat tambang dikerahkan ke lokasi untuk membantu operasi penyelamatan.

"Kami berhenti dan keluar dari mobil untuk memeriksa dan kami tidak tahu kenapa jalan tersebut amblas," kata seorang pengemudi lewat Guizhou Evening News.

Pejabat pemadam kebakaran setempat mengatakan lewat media lokal bahwa upaya pencarian dipersulit oleh hujan deras, kerikil dan tanah yang turun di lokasi sehingga menimbulkan risiko bagi para pekerja.

Baca Juga: Direktur Keuangan BPJS Ketenagakerjaan Serahkan Santunan Kematian Sebesar Rp391 juta Kepada Karyawan BTPN Syariah

Tim penyelamat membagi area tersebut menjadi 10 titik serta proses pencarian dilakukan dengan menggunakan anjing dan alat pendeteksi kehidupan. Sementara itu ekskavator serta derek juga didatangkan untuk menggali tanah dan mengangkat mobil-mobil yang terperosok.

Foto serta video yang beredar di media lokal menunjukkan bahwa adanya asap dan api di tempat kejadian disertai pagar pembatas jalan raya yang condong ke dalam kobarannya.

Terlihat juga bahwa adanya tumpukan mobil-mobil yang menghitam terlihat di lereng yang mengarah ke bawah dari jalan raya.

Baca Juga: Kegiatan Forikan, Genny Hendri Septa: Jumlah Konsumsi Ikan di Warga Kota Padang Meningkat

Beberapa mobil hancur serta ada juga yang sampai terbakar habis.

Longsor yang menggerus jalan tol di Guangdong merupakan insiden terbaru dari serangkaian bencana yang terkait dengan cuaca buruk yang melanda di salah satu provinsi negeri Tirai Bambu tersebut beberapa minggu terakhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat