bdadinfo.com

Sumbar Duka Cita Mendalam! Akses Jalan Padang - Bukit Tinggi Terputus, Diduga Lahar Gunung Marapi Melanda Kabupaten Agam - News

Banjir Bandang, Kab.Agam (Berita Minang)

 

- Kabar terbaru datang kembali dari Sumatera Barat pada hari ini terdapat lima daerah di Kabupaten Agam menimpa guyuran hujan bandang. 

Diterjang banjir bandang akibatnya karena hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Sabtu 11 Mei 2024 saat malam. 

Kepolisian Resor Padang Pariaman menyebut, akses jalan nasional dari arah Kota Padang menuju Kota Bukittinggi dan sebaliknya via Kabupaten Padang Pariaman terputus.

Baca Juga: Resmi Groundbreaking! Pabrik Solder yang Dibangun Adik Prabowo di Batam Dibidik Punya Omset Rp1,2 Triliun Pertahun 

Terkait informasi yang dirangkum, banjir bandang menerjang lima lokasi yakni IV Koto, Canduang, Sungaipua, Malalak dan Tanjung Raya.

Selain itu, terjangan banjir bandang belum usai tetapi banjir lahar dingin dari Gunung Marapi yang terjadi pada Minggu 12 Mei dini hari di Kabupaten Agam.

Keterangan resmi dari Camat IV Koto, Ben Subchan menyatakan, banjir bandang yang melanda Galudua berhasil buat sejumlah warga dievakuasi ke tempat lebih aman.

Baca Juga: IKN Menguncang Dunia! Jalan Tol Bawah Laut di Ibu Kota Nusantara Terdalam di Dunia Seperti Aquarium Raksasa, Sebagai Tempat Perlintasan Hewan-hewan

Kemudian kejadian dini hari Kapolres Padang Pariaman AKBP Ahmad Faisol di Padang Pariaman, Sumbar, Minggu mengatakan terkait banjir lahar dingin.

"Saya pastikan jalan di Lembah Anai putus. Masyarakat tidak bisa mengakses jalan dari Padang Pariaman atau Kota Padang menuju Bukittinggi melewati Air Terjun Lembah Anai,"ujarnya.

Banjir Bandang melanda Sumatera Barat di Kabupaten Agam diduga banjir bandang yang menimpa Galudua berasal dari luapan sungai di kaki Singgalang.

Baca Juga: Jawa Timur Murka! Provinsi Baru Jawa Selatan Naik Tahta Pergi Meninggalkan Jatim Sebuah Keputusan yang Tepat Siap Kalahkan Kota Metropolitan Surabaya?

Bahkan berita telah diturunkan, banjir bandang di Galudua dinyatakan surut, namun masih menyisakan material batu dan lampur.

Sementara, hal ini berdampak pada ruas jalan nasional tepatnya di sekitar Air Terjun Lembah Anai, Kabupaten Tanah Datar dikabarkan ambles dan terputus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat