bdadinfo.com

IKN Menguncang Dunia! Jalan Tol Bawah Laut di Ibu Kota Nusantara Terdalam di Dunia Seperti Aquarium Raksasa, Sebagai Tempat Perlintasan Hewan-hewan - News

Terowongan tol bawah laut tersebut nantinya bisa dilalui oleh kendaraan. Jaga Kawasan Hutan Lindung Berdasarkan catatan Badan Pengatur Jalan Tol terowongan bawah air itu akan dikoneksikan dengan jalan tol Balikpapan Samarinda. terowongan bawah laut, Jalan Tol Balsam juga rencanannya akan memiliki du

 - Jalan Tol Balikpapan Samarinda sepanjang 97,27 km; terbagi menjadi 5 seksi yaitu: Seksi 1 Karang Joang – Samboja (21,66 km); Seksi 2 Samboja – Muara Jawa (30,98 km); Seksi 3 Muara Jawa – Palaran (17,30 km); Seksi 4 Palaran – SS Mahkota II (16,59 km); dan Seksi 5 Manggar – Karang Joang (10,74 km).

Jalan Tol Balikpapan Samarinda ini diusahakan oleh PT Jasamarga Balikpapan Samarinda. Investasi dilakukan secara KPBU dengan dukungan konstruksi dari pemerintah (c.q. Kementerian PUPR) pada Seksi 5 melalui Pinjaman Luar Negeri.

Jalan Tol Balikpapan Samarinda ini merupakan pionir jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang menghubungkan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda dengan kota terbesar Provinsi Kalimantan Timur, Balikpapan. Jalan Tol Balikpapan – Samarinda telah beroperasi penuh sejak Agustus 2021.

Baca Juga: Sadis! Bank Sumut Tega 'Aniaya' Janda Tua 66 Tahun karena Hal Ini

Dengan adanya Jalan Tol Balikpapan Samarinda ini, diharapkan penurunan waktu tempuh perjalanan memicu peningkatan kegiatan logistik dan perekonomian di masing-masing wilayah.

Selain itu, Jalan Tol Balikpapan Samarinda ini akan tersambung dengan jaringan jalan menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kalimantan Timur akan dibangun jalan tol bawah laut dalam rangka memperluas pengembangan kota dan konektivitas antar dan dalam kota berdasarkan buku saku IKN, tol laut dengan teknologi modern jadi bagian infrastruktur.

Nantinya, ini akan mempermudah mobilitas dari Kota Balikpapan dan sekitarnya menuju ke Ibu Kota Negara yang dipisahkan oleh Teluk Balikpapan.

Menurut Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara Kementerian PUPR, pembangunan tol laut dimulai tahun 2024 ini.

Tapi, pertanyaannya, kenapa harus jalan tol laut yang dibuat, mengingat nilai proyeknya yang fantastis?

Pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur akses jalan guna mendukung konektivitas antar daerah di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satunya yakni melalui pembangunan jalan tol yang dilengkapi terowongan bawah laut.

Kepala Satuan Tugas (Satgas) Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga menjelaskan bahwa saat ini progres mengenai pembangunan terowongan bawah laut atau immersed tunnel pertama di Indonesia tengah dalam tahap pelelangan desain.

"Untuk immersed tunnel saat ini masih proses lelang pekerjaan desain," kata Danis dalam keterangan resminya.

Sebagai catatan, terowongan bawah laut dimaksud merupakan bagian dari Jalan Tol Balikpapan Samarinda (Balsam) Seksi 4.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat