bdadinfo.com

Jawa Timur Murka! Provinsi Baru Jawa Selatan Naik Tahta Pergi Meninggalkan Jatim Sebuah Keputusan yang Tepat Siap Kalahkan Kota Metropolitan Surabaya? - News

 beredar sebuah video di media sosial TikTok yang menampilkan daftar tiga provinsi baru di Jawa Timur. Provinsi baru tersebut adalah Provinsi Mataraman/Jawa Selatan.

- Provinsi Jawa Timur adalah sebuah wilayah provinsi yang terletak di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Surabaya.

Luas wilayahnya yakni 48.033 km² dengan kepadatan penduduk 857 jiwa/km2. Hampir seperempat dari jumlah penduduk Jawa Timur bermukim di wilayah metropolitan Surabaya.

Jawa Timur memiliki wilayah terluas di antara enam provinsi di pulau Jawa, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia setelah Jawa Barat.

Baca Juga: Jokowi Bersembunyi! Pemerintah Indonesia Merayu Perusahaan Amerika Dibuatkan Kantor Gedung Aplikasi Laptop Berkapasitas Besar, Lokasinya di IKN

Wilayah Provinsi Jawa Timur berbatasan dengan Laut Jawa di sebelah utara, Selat Bali (Provinsi Bali) di sebelah timur, Samudra Hindia di sebelah selatan, serta Provinsi Jawa Tengah di sebelah barat.

Wilayah Provinsi Jawa Timur juga meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean, Kepulauan Kangean serta sejumlah pulau-pulau kecil di Laut Jawa yakni: Kepulauan Masalembu, Pulau Sempu dan Nusa Barung.

Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai pusat industri dan keuangan kawasan Tengah dan Timur Indonesia yang memiliki signifikansi perekonomian cukup tinggi, yakni berkontribusi sekitar 15% terhadap Produk Domestik Bruto nasional.

Baru-baru ini beredar sebuah video di media sosial TikTok yang menampilkan daftar tiga provinsi baru di Jawa Timur. Provinsi baru tersebut adalah Provinsi Mataraman/Jawa Selatan

Di mana Kota Kediri menjadi ibu kota. Lalu Provinsi Madura, dengan ibu kota yakni Kota Pamekasan, dan yang terakhir Provinsi Blambangan dengan ibu kota Jember.

Baca Juga: Alami Kecelakaan Maut di Subang, Seperti Ini Potret Perpisahan Kelas 12 yang Dibuat oleh SMK Lingga Kencana

Provinsi Jawa Selatan, salah satu rencana pemekaran provinsi di Jawa.

Akun YouTube Atlantis People menyebutkan bahwa kemungkinan akan ada beberapa provinsi baru yang ada di Indonesia salah satunya adalah Provinsi Jawa Selatan atau yang bisa juga disebut sebagai Mataraman.

Disebutkan bahwa Provinsi Jawa Selatan akan dimekarkan dari Provinsi Jawa Timur. Tentunya hal ini relatif bisa menjadi keputusan yang tepat.

Pasalnya, Provinsi Jawa Timur juga memiliki luas wilayah yang cukup besar. Dengan pemekaran ini maka pemerataan pemerintahan akan lebih terjamin.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat