bdadinfo.com

Jokowi Bersembunyi! Pemerintah Indonesia Merayu Perusahaan Amerika Dibuatkan Kantor Gedung Aplikasi Laptop Berkapasitas Besar, Lokasinya di IKN - News

Gedung Microsoft IKN (Freepik)

 

- Proyek besar IKN di Kalimantan Timur, Kabupaten Penajam Paser Utara belum sepenuhnya rampung dan masih dalam perencanaan. 

Rencananya Presiden Jokowi yang akan ingin membangun proyek Gedung Pusat Riset Microsoft berlokasi di IKN, Kalimantan Timur menjadi bagian dari PSN tengah diusahakan.

Pemerintah meminta perusahaan Amerika ini membuat pusat riset di Bali atau Ibu Kota Nusantara alias IKN dalam waktu dekat.

Baca Juga: Harta Karun Jutaan Ton Emas Bertumpuk-tumpuk di Perut Bumi Sulawesi Utara Jadi Rebutan Para Pemburu Harta Karun Sampai Angkutnya Emasnya Pakai Truk

Keterangan resmi dari Microsoft menyatakan, investasi digunakan untuk mendukung infrastruktur komputasi awan dan kecerdasan buatan.

Diketahui bahwa CEO Microsoft, Satya Nadella mengatakan, perusahaan yang akan membangun data center atau pusat data di Indonesia.

“Kami mengumumkan pembangunan data center di Indonesia segera," ujar Satya dalam acara Microsoft Build: AI Day di JCC, Jakarta. 

Baca Juga: IKN Menggoda! Stadion Megah di IKN Mirip Stadion Liga Eropa Berstandar FIFA Siap Menyambut Upacara HUT ke-79 RI dan Tuan Rumah Olimpiade 2036

Selanjutnya Satya mengatakan, "Kami akan memperluas investasi pusat data kami. Kami membawa US$ 1,7 miliar.”

Data center merupakan ruangan yang dirancang khusus untuk tempat penyimpanan file, informasi bisnis dan server komputer dari perusahaan yang terhubung dengan internet.

Fasilitas ini termasuk banyak elemen teknis meliputi switch, router, saklar, server, perangkat keamanan, sistem penyimpanan, dan lainnya.

Baca Juga: Dalam Semalam, 3 Kecamatan di Agam Luluh Lantak Dihantam Banjir Bandang

Pernyataan dari Menteri Luhut Janjikan Insentif Lampaui India Microsoft Investasi senilai Rp 27,7 Triliun yang akan jadi terbesar di Indonesia Raksasa teknologi tersebut 

Selain itu juga akan menyediakan akses terhadap peningkatan keterampilan di bidang AI untuk 840.000 orang di Indonesia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat