bdadinfo.com

Harta Karun Jutaan Ton Emas Bertumpuk-tumpuk di Perut Bumi Sulawesi Utara Jadi Rebutan Para Pemburu Harta Karun Sampai Angkutnya Emasnya Pakai Truk - News

Salah satu wilayah di Sulawesi Utara yang menyimpan harta karun emas yakni di Pulau Sangihe. Persisnya wilayah ini bernama Kabupaten Kepulauan Sangihe.

HARAIANHALUA.COM - Harta karun atau tambang emas di Indonesia ini turut membantu menyumbang pemasukan negara dalam jumlah besar.

Emas sendiri merupakan logam mulia yang umum dimanfaatkan sebagai bahan baku perhiasan dan instrumen investasi. Tentu tidak semua daerah di Indonesia menyimpan sumber daya ini.

Namun, begitu ada daerah yang terdeteksi menyimpan sumber daya tersebut, jumlahnya cukup besar, sehingga mampu menghasilkan logam mulia dalam jumlah banyak setiap tahunnya. Banyak juga perusahaan yang menjadi pengelola tambangnya.

Baca Juga: IKN Menggoda! Stadion Megah di IKN Mirip Stadion Liga Eropa Berstandar FIFA Siap Menyambut Upacara HUT ke-79 RI dan Tuan Rumah Olimpiade 2036

Sulawesi Utara disingkat Sulut adalah salah satu provinsi yang terletak di ujung utara Pulau Sulawesi, Indonesia, dengan ibu kota terletak di kota Manado.

Sulawesi Utara atau Sulut berbatasan dengan Laut Maluku dan Samudra Pasifik di sebelah timur, Laut Maluku dan Teluk Tomini di sebelah selatan, Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo di sebelah barat, dan Provinsi Davao Occidental di sebelah utara dengan luas wilayahnya adalah 13.892,47 km2.

Sulawesi Utara memiliki kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 287 pulau dengan 59 di antaranya berpenghuni. Wilayah administratif Sulawesi Utara terbagi menjadi 4 kota dan 11 kabupaten dengan 1.664 desa/kelurahan.

Sulawesi Utara terbagi menjadi dua zona yaitu zona selatan yang berupa dataran rendah dan dataran tinggi serta zona utara yang meliputi kepulauan.

Zona ekonomi eksklusif Sulawesi Utara mencapai 190.000 km2 dengan pesisir pantai sepanjang 2.395,99 km dan luas hutan mencapai 701. 885 hektare.

Baca Juga: Korban Jiwa Tragedi Banjir Bandang di Agam Bertambah, Berikut Daftar Nama Korban Teridentifikasi

Wilayah Sulawesi Utara juga memiliki banyak gunung berapi, dikarenakan letaknya yang berada di tepian Lempeng Sunda.[6

Provinsi Sulawesi Utara menyimpan banyak harta karun emas dan perak. Potensinya mencapai jutaan ton.

Salah satu wilayah di Sulawesi Utara yang menyimpan harta karun emas yakni di Pulau Sangihe. Persisnya wilayah ini bernama Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan bagian dari Provinsi Sulawesi Utara dengan Ibu kota Tahuna.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat