bdadinfo.com

Pemerintah Kota Pariaman Berharap 'Hoyak Tabuik' 2024 Datangkan Ratusan Ribu Wisatawan - News

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman, Ferialdi ketika menghadiri launching Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Sabtu (27/1/2024).  (Kominfo Kota Pariaman)

 

KOTA PARIAMAN, - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menargetkan pengunjung event Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024 dapat mencapai ratusan ribu, atau meningkat dibanding tahun 2023.

Sebab, tahun ini, Pemko Pariaman mendapat dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), sehubungan Hoyak Tabuik Piaman masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Pariaman Ferialdi mengungkapkan, Kemenparekraf telah menyatakan untuk membantu Pemko menyukseskan Pesonan Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2024.

Baca Juga: ANRI Serahkan Sertifikat MOWCAP Arsip Indarung I ke PT Semen Padang

Di antara bantuan Kemenparekaf, kata dia, berupa sarana yang diperlukan dan promosi kegiatan yang akan diselenggarakan pada 7 Juli hingga 21 Juli 2024.

"Selain memandu agar pelaksanaan tabuik lebih baik, Kemenparekraf juga bakal membantu di bidang sarana dan promosi," kata Ferialdi di Pariaman, Kamis (30/5/2024).

Ia merinci, bantuan yang bakal diberikan oleh Kemenparekraf tersebut di antaranya penyediaan tenda yang dananya tidak terakomodasi oleh anggaran Pemko Pariaman. Makanya, kata dia, pihaknya telah membuat proposal untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Kemudian, lanjut Ferialdi, juga ada bantuan promosi kegiatan. Ini tak lepas dari masuknya Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman dalam daftar Kharisma Event Nasional (KEN) 2024 yang disusun oleh Kemenparekraf.

Baca Juga: Sekda Kota Pariaman Yota Balad Buka Seminar Emas Pegadaian

"Tabuik mungkin akan ditayangkan di videotron dan media sosial milik Kemenparekraf," kata Ferialdi.

Oleh sebab itu, ia berharap dengan adanya bantuan dari Kemenparekraf maka kegiatan budaya dan wisata tahunan Pariaman itu, dapat mendatangkan ratusan ribu wisatawan. Kemudian kegiatan akan semakin meriah dan berdampak besar pada promosi daerah Pariaman.

Diketahui, tidak semua kegiatan budaya dan wisata yang dapat masuk KEN Kemenparekraf. Banyak indikator yang dipakai untuk dapat masuk dalam daftar event nasional tersebut

"Alhamdulillah, Kota Pariaman masuk dalam enam kabupaten dan kota di Sumbar yang lolos seleksi dan masuk dalam 110 daftar event KEN," kata Ferialdi saat pengumuman oleh Kemenparekraf beberapa waktu lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat