bdadinfo.com

Jambi-Palembang Bersatu Demi Kejayaan! Cuma Jalan Tol Jambi-Palembang Pembayarannya Pakai Ssistem Bayar tol Tanpa Stop dan Tanpa Antre di Gerbang Tol - News

Jalan Tol Jambi Palembang implementasi sistem Bayar tol tanpa stop atau Multi Lane Free Low (MLFF). Nantinya sistem pembayaran tol akan dilakukan dengan tanpa stop atau yang artinya tanpa berhenti dan mengantre di gerbang tol.

- Pembangunan proyek jalan Tol Trans Sumatera, Jalan Betung–Tempino– Jambi sepanjang 169,9 km yang melintasi Provinsi Sumatera Selatan dan Jambi segera dibangun.

Pekerjaan konstruksi Tol Betung–Tempino–Jambi dimulai untuk ruas Tol Bayung Lencir–Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 yang ditandai dengan penandatangan kontrak pembangunan senilai Rp2,75 triliun antara Kementerian PUPR dengan penyedia jasa.

“Kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif seperti kawasan industri, pariwisata, bandara, dan pelabuhan akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada pernyataan tertulisnya. 

Baca Juga: Kunci Jawaban Bahasa Jawa Kelas 10 Gladhen Wulangan 5 Halaman 113-115 Sastri Basa Teks Sastra lan Nonsastra

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 bersumber dari APBN Tahun 2023-2024. Untuk Seksi 1 sepanjang 7,62 km dikerjakan oleh penyedia jasa PT Adhi Karya – PT Waskita Karya – PT Jaya Konstruksi (KSO) dengan nilai kontrak Rp1,61 triliun.

Sedangkan untuk Seksi 3 sepanjang 15,47 km oleh kontraktor PT Hutama Karya – PT Wijaya Karya – PT Brantas Abipraya (KSO) dengan nilai kontrak Rp2,75 triliun.

Direktur Jalan Bebas Hambatan, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Triono Junoasmono mengatakan hingga saat ini progres pekerjaan Tol Bayung Lencir – Tempino Seksi 1 dan Seksi 3 untuk pembebasan lahan di wilayah Sumatera Selatan mencapai 86%, sedangkan wilayah yang mencakup Jambi sudah 95%.

Baca Juga: Gawat! Sumbar Banyak Pengangguran Kalahkan DKI Jakarta! Inilah Deretan Provinsi dengan Tingkat Pengangguran Tertinggi di Indonesia

Ada beberapa pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang sedang berlangsung saat ini, termasuk pembangunan jalan tol Jambi Palembang.

Banyak masyarakat yang nunggu jalan Tol Jambi Palembang segera selesai, karena dengan adanya tol ini diyakini akan mempersingkat waktu dari biasa jalan yang dilalui.

Selain itu, teknologi yang dipakai untuk pembayaran tol Jambi-Palembang juga berkemungkinan besar tidak seperti biasanya yang menggunakan kartu.

Baca Juga: Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin Molor Lagi Tidak Jadi Rampung Bulan Juli 2024, Ternyata ini Masalahnya yang Bikin Gagal Beroperasi

Nantinya sistem pembayaran tol akan dilakukan dengan tanpa stop atau yang artinya tanpa berhenti dan mengantre di gerbang tol.

Hal tersebut merupakan aturan Presiden Joko Widodo yang terbaru tentang implementasi sistem Bayar tol tanpa stop atau Multi Lane Free Low (MLFF).

Diketahui, peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 23 tahun 2024 Tentang Jalan Tol dan keputusan tersebut telah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Mei 2024 lalu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat