bdadinfo.com

Kabupaten Agam Dipercaya sebagai Pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Sumbar - News

Kabupaten Agama Dipercaya sebagai Pelaksanaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (Humas Pemkab Agam )

- Kabupaten Agam dipercaya sebagai pelaksana Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tingkat Provinsi Sumbar yang dipusatkan di Mesjid Sirah Muaro Mati Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara Rabu, 12 Juni 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kolaborasi Pemprov Sumbar dengan Pemkab Agam, dihadiri oleh Gubernur Sumbar diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Bupati Agam DR. Andri Warman, MM, Unsur Forkopimda Agam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup se Sumatera Barat dan Kepala OPD Kabupaten Agam, Penggiat Lingkungan dan sejumlah undangan lainnya.

Bupati Agam menyebutkan, baik kegiatan ini, karena isu lingkungan adalah isu utama saat ini yang menjadi perhatian dunia.

Baca Juga: Upacara Perang Manggopoh, Menyongsong Hari Bersejarah di Nagari Manggopoh Kabupaten Agam

"Isu lingkungan telah menjadi perhatian global, karena bicara lingkungan berarti bicara hari ini dan masa depan anak cucu kita nanti, maka diperlukan aksi-aksi nyata tindakan yang menampakkan kepedulian trrhadap lingkungan, baik itu dalam hal penanganan sampah serta upaya-upaya pelestarian lingkungan lainnya," urai Andri Warman.

Lebih lanjut, Bupati Agam meminta, semua pihak meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya dalam hal memelihara dan melestarikan serta menyelamatkan lingkungan baik di skala rumah tangga, kawasan maupun secara daerah.

"Dipilihnya tema dari Agam Untuk Sumatera Barat kali ini, adalah sebuah motivasi bagi kita untuk bersama-sama disegala lapisan menuju langlah Suistainable Development itu. Menumbuhkan kesadaran dan kepedulian semua pihak juga merupakan upaya yang sama pentingnya dalam hal menampakkan aksi penyelamatan lingkungan tersebut, saya berterimakasih atas kepedulian semua pihak, sehingga Kabupaten Agam berturut-turut meraih penghargaan Adipura dua tahun terkahir, termasuk semakin tingginya kesadaran beberapa komunitas menyelamatkan lingkungan, sehingga Agam menjadi nominator peraih Kalpataru tahun ini, yang diterima minggu lalu di Jakarta dari Pemerintah Pusat. Ini adalah barometer kepedulian Agam dan masyarakatnya akan upaya menjaga dan melestarikan lingkungan," jelas Andri Warman.

Baca Juga: Bupati Agam Lantik 597 PPPK Formasi Tahun 2023

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar, Tasliatul Fuaddi, S.Hut, M.H menyampaikan, bahwa Kabupaten Agam dipilih menjadi pelaksana kegiatan ini, karena sudah 2 kali menjadi Nominator pada Piala Kalpataru dan 2 kali berturut memperoleh Adipura.

Tasliatul juga menyampaikan, bahwa kabupaten Agam menjadi Pilot Project 1 Nagari 1 Pengelolaan sampah tingkat Sumbar. Dan akan menjadi percontohan bagi Kab/Kota lain.

Selain itu juga dilakukan penanaman Bibit Cemara Laut dan Ketapang sebanyak 1000 pohon di tepi Pantai Muaro Mati. ***

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat