bdadinfo.com

Bakal Punya Tiga Tower! Kemenkes Bangun Rumah Sakit Raksasa di Riau, Pelayanan Khusus Ginjal, Otak, dan Jantung - News

Ilustrasi - Rumah Sakit Otak dan Jantung Riau

- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia rencananya akan membangun rumah sakit raksasa di Pekanbaru, yaitu Rumah Sakit Pusat (RSP) Jantung dan Otak.

Rumah sakit ini berlokasi di Jalan Naga Sakti Panam, keberadaannya tidak jauh lokasinya dari Stadion Utama Riau. Rencananya, peletakan baru pertama perkiraan sekitar Oktober 2024 nanti. 

Dilansir dari ppid.riau.go.id, pada 4 Juli, rencananya gedung rumah sakit ini akan dibangun megah dan jadi salah satu gedung pencakar langit di Pekanbaru.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces 4 Juli 2024, Harmoni dalam Karier dan Asmara, Kebahagiaan Menanti!

Gedung rumah sakit pusat otak dan jantung ini didesain dengan tiga menara atau tower yang terpampang tinggi ke langit.

Namun keberadaanya belum ditetapkan akan berap lantai tinggi gedung tersebut. Rumah sakit ini nantinya akan menerima tiga jenis layanan, penyakit jantung, otak, hingga ginjal.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Sri Sadono Mulyanto menjelaskan kalau kini perusahaan konsultan yang memenangkan tender sudah melakukan penyusunan Detail Engineering Design (DED).

Baca Juga: Peringati HUT ke-22 Tahun Kota Pariaman, Pj Wako: Kita Harus Perbaiki Mentalitas

Jika tidak hambatan dalam prosesnya, diharapkan awal Oktober 2024 sudah masuk ke tahap lelang konstruksi dan untuk pembangunannya ditargetkan mulai akhir 2024.

"Targetnya akhir November atau awal Desember tahun ini, seharusnya sudah ground breaking," jelas Sri Sadono Mulyanto.

Ia juga mengatakan bahwa total anggaran yang dihabiskan untuk membangun serta membeli peralatan kesehatan diperkirakan capai Rp1,6 triliun.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Aries 4 Juli 2024, Hari Penuh Keberuntungan dan Peluang Baru!

Untuk pembangunan tahapan awal dikeluarkan dana sebesar Rp250 miliar untuk DED dan pembangunan awalnya.

Pembangunan rumah sakit ini menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) secara multiyears hingga tahun 2025 yang akan dilaksanakan tahun ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat