bdadinfo.com

Arkeolog Dibikin Tepok Jidat, Terungkap Teknologi Kuno Ini Digunakan Bangun Candi Padang Roco - News

Candi Padang Roco foto: Ist

- Candi Padang Roco merupakan salah satu candi megah yang terletak di Sumatera Barat.
 
Lokasinya berada di Desa Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat.
 
Jarak tempuhnya sekitar 20 menit dari kantor bupati.
 
 
Yang membuat candi ini unik adalah susunan batu bata merah yang menjadi struktur candi megah ini. Candi Padang Roco bisa dibilang menjadi sebuah kompleks candi.
 
Sebab memiliki 4 bangunan candi yang 3 diantaranya telah selesai dalam proses penggalian dan pemugaran. Ketiga candi tersebut ialah Candi Padang Roco I, Candi Padang Roco II dan Candi Padang Roco III.
 
 1. Candi Padang Roco I
 
Candi Padang Roco I menjadi candi terbesar diantara ketiga candi lainnya dan sekaligus menjadi candi induk.
Candi Padang Roco I memiliki ukuran 21 x 21 meter dengan bentuk menyerupai bujur sangkar. Struktur batu bata pada bagian sisi kaki candi memiliki 22-26 lapis bata dengan ketinggian sekitar 90 cm.
 
Yang membuatnya unik lagi, terdapat tanah urugan pada bagian tengah candi tepatnya pada ketinggian 3 meter.
 
Berbeda dengan struktur susunan candinya, pada bagian kaki candi dibangun dengan campuran pasir, kerikil dan kerakal batu setebal 80 cm.
 
Candi Padang Roco I ini berorientasi pada arah barat daya hingga timur laut dengan azimut 30º dari arah utara hingga selatan. Selain itu, Candi Padangroco I memiliki tangga yang terletak di sisi kaki candi barat daya.
 
2. Candi Padang Roco II
 
Berbeda dengan Candi Padang Roco I yang disebut sebagai candi induk, Candi Padang Roco II ini disebut sebagai candi perwara.
Struktur bangunan pada candi ini masih sama dengan Candi Padang Roco I, yakni terbuat dari konstruksi susunan bata. Bentuknya pun juga menyerupai bujur sangkar dengan kaki candi ukuran 4, 40 x 4,40 m.
 
Sementara tinggi yang tersisa pada Candi Padang Roco II ini sekarang sekitar 1,28 m yang berorientasi ke arah barat daya sampai timur laut. Pintu masuk dan tangga pada candi ini menghadap di sisi barat.
 
3. Candi Padang Roco III
 
Pada Candi Padangroco III masih terbuat dari susunan bata layaknya candi lainnya. Candi ini memanjang dengan orientasi arah barat daya sampai timur laut dengan azimut sekitar 10º dari arah utara hingga selatan.
 
 
Candi Padang Roco III terdiri atas dua bangunan. Bangunan pertama berbentuk bujur sangkar dengan ukuran sekitar 8,50 x 8,50 m.
Sementara bangunan kedua berupa mandala berukuran 13,50 x 8,50 m dan berbentuk persegi panjang. Kedua bagian Candi Padang Roco III ini terlihat seolah menyatu.
 
Sayangnya pada Candi Padang Roco III ini tidak ditemukan sisa pintu atau tangga di kedua bangunannya.
 
Dengan hanya susunan batu bata merah, Candi Padang Roco terbilang masih sangat megah kondisinya, walaupun sudah berumur ratusan tahun.
 
Hal ini membuktikan bahwa kekokohannya hampir setara dengan Candi Borobudur yang sudah sangat terkenal. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat