bdadinfo.com

6 Pilar Transformasi Kesehatan yang Disebut Menkes Budi di Rakernas 2023 - News

Menkes Budi Gunadi Sadikin

- Menteri kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menekankan pemerataan akses kesehatan dalam Rakernas 2023 menggunakan 6 pilar transformasi kesehatan.

Untuk melakukan pemerataan kesehatan, Menkes Budi mengatakan akan melakukan transformasi kesehatan di di seluruh wilayah Indonesia, menggunakan 6 pilar transformasi kesehatan.

Dilansir dari kemkes.go.id, berikut 6 pilar transformasi kesehatan menurut Menkes Budi:

Baca Juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 303 304 305 Kurikulum 2013 Luas Permukaan dan Volume Bola

Pilar pertama adalah transformasi layanan primer yang fokus pada penyediaan layanan kesehatan primer yang terstandardisasi dan terintegrasi.

Pilar kedua, transformasi layanan rujukan yang fokus pada penyediaan layanan kesehatan yang mudah diakses oleh masyarakat.

Pilar ketiga, transformasi ketahanan sistem kesehatan fokus pada kemandirian obat dalam negeri dan penyediaan tenaga cadangan kesehatan.

Baca Juga: 5 Tips Antisipasi Banjir di Musim Hujan yang Diperkirakan BMKG Terjadi Hingga Mei 2023

Pilar keempat, transformasi pembiayaan kesehatan. Kemudian pilar kelima, transformasi SDM kesehatan yang fokus pada penyediaan SDM kesehatan yang berkualitas dan merata.

Pilar keenam transformasi teknologi kesehatan yang fokus pada penyediaan layanan kesehatan yang presisi.

Menkes Budi mengatakan ada dua filosofi transformasi kesehatan, yakni yang pertama meningkatkan kualitas dan akses kualitas layanan kesehatan ke masyarakat.

Baca Juga: Bisa Lolos Wawancara Masuk Google, ChatGPT Justru Kewalahan Menjawab Soal Ujian Anak SD

''Jadi kalau ada yang tidak setuju, tataran debatnya harus pada tataran masyarakat. Apakah masyarakat sudah terlayani dengan baik?'' ujar Menkes Budi dihadapan 800 lebih peserta dari dinas kesehatan provinsi, kabupaten dan kota.

"Jadi bapak ibu akan tahu semua transformasi yang kita lakukan menimbangnya dasarnya prinsipnya, filosofinya, substansinya adalah meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan ke masyarakat indonesia."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat