bdadinfo.com

Mengenal Pasar Tradisional Kambang dengan Makanan Unik Khas Minang, Wajib Dicoba Saat Ramadhan - News

Mengenal Pasar Tradisional Kambang dengan Makanan Unik Khas Minang, Wajib Dicoba Saat Ramadhan (pinterest.com)

Pasar Tradisional Kambang, salah satu pasar tradisional di daerah Kambang yang letaknya di Kecamatan Lengayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Pasar Kambang ini hanya buka 1 kali dalam seminggu, tepatnya di hari Sabtu. Letaknya pun tidak jauh dari pesisir pantai sehingga pengunjung banyak yang membeli ikan segar di pasar ini.

Dilansir dari video YouTube Herlina Bahri yang tayang pada 9 Oktober 2022 , selain ikannya yang segar, pasar Kambang ini juga terkenal dengan aneka kuliner khas Minang yang unik. Beberapa diantaranya yaitu :

Baca Juga: Antisipasi Kenaikan Harga, Andre Rosiade Tekankan Pentingnya Gudang di Pasar Rakyat

1. Putu Kambang

Putu ini terbuat dari tepung ketan hitam dengan campuran daun pandan yang diberi gula merah, dan proses masaknya menggunakan bambu khusus. Alat masaknya pun unik dengan uap air mendidih.

Setelah masak, putu dikeluarkan dari bambu, lalu dibungkus menggunakan daun pisang dan siap untuk dijual. Harga 1 bungkusnya adalah Rp 4000, bahkan pedagang pasar pun ada yang menjual Rp10.000 dapat 3 putu. Manis, legit, dan wangi pastinya, ya.

2. Barangan

Barangan merupakan kacang khas zaman dahulu yang disangrai sebelum akhirnya dikonsumsi. Cara menyantapnya pun seperti kacang biasa yang dikupas kulitnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Berorientasi Ekspor, IKM Furnitur dan Kerajinan Tembus Pasar AS Hingga Inggris

Pohon kacang barangan ini memiliki batang yang tinggi dan buahnya bergerombol. Ketika masak, buahnya akan pecah dan biji kacangnya akan jatuh.

Meski pohon barangan ini sudah jarang ditemui, namun harganya dijual cukup murah yaitu Rp 5000 rupiah per 1 porsi kaleng.

3. Kalamai

Kalamai adalah makanan sejenis dodol yang dibuat dari tepung pulut atau tepung ketan. Harga sebiji kalamai sebesar Rp 5000 dan bisa tahan selama 1 minggu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat