bdadinfo.com

Jika Pahala Puasa Hangus, Adakah Cara untuk Menggantinya? Ini Penjelasan Buya Yahya - News

Buya Yahya beri jawaban soal pahala puasa Foto: Ist

- Puasa merupakan ibadah yang diwajibkan kepada umat muslim saat Ramadan dan banyak dilakukan untuk mengejar pahala.

Puasa tak hanya mewajibkan umat muslim untuk menahan lapar dan dahaga, namun juga menahan hawa nafsu dan perbuatan buruk lainnya sebagai ganjaran pahala.

Sudah umum diketahui oleh umat muslim bahwa terdapat amalan-amalan yang bisa membuat pahala puasa berkurang atau bahkan hangus.

Baca Juga: Ingin Menjaga Motivasi Ibadah Selama Ramadhan? Simak Tips dari Buya Yahya

Perbuatan yang bisa mengurangi atau menghanguskan pahala puasa itu antara lain marah, membicarakan kejelekan orang, tidak menjaga pandangan, dan sebagainya.

Hangusnya pahala puasa tentu berbeda dengan batalnya puasa karena saat pahala puasa hangus, ibadah puasa seseorang masih sah.

Meski demikian, hangusnya pahala puasa adalah suatu hal yang semua muslim harus hindari karena menjadikan ibadah puasa menjadi sia-sia.

Lalu, apakah ada cara untuk mengembalikan pahala puasa yang hangus karena terlanjur mengerjakan perbuatan yang dilarang?

Baca Juga: Maraknya Keluarga Pejabat Doyan Pamer Harta di Media Sosial, Buya Yahya: Itu Sombong!

Ulama Buya Yahya menjelaskan bahwa terdapat cara untuk mengembalikan pahala puasa yang hangus.

Menurutnya, hal yang pertama harus dilakukan adalah dengan bertaubat dan memperbaiki perilaku.

Buya Yahya menganalogikannya dengan panci bocor yang diisi air.

"Saya punya panci bocor, apa yang harus saya lakukan supaya penuh? Kalau diisi terus tidak akan penuh," kata Buya Yahya seperti dikutip dari video yang diunggah di kanal Youtube Al-Bahjah TV pada 4 April 2023.

Menyadari dan tidak mengulangi kesalahan yang telah diperbuat merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum mengerjakan amal yang lain.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat