bdadinfo.com

Mengenal Perusahaan Ernst & Young yang Ditunjuk Erick Thohir Audit PT LIB dan PSSI, Pernah Audit Negara Vatika - News

Mengenal Perusahaan Ernst & Young yang Ditunjuk Erick Thohir Audit PT LIB dan PSSI, Pernah Audit Negara Vatikan (pssi | wiki )

- Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengumumkan, bahwa dirinya akan mengaudit PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan PSSI dengan menunjuk firma audit Ernst & Young (EY).

Penunjukan Ernst & Young bermula ketika Erick Thohir mendapati kasus juara kompetisi Liga 1, PSM Makassar yang tidak mendapat hadiah juara dan hanya diberikan trofi saat penutupan kompetisi di kota Pare-Pare, Sulawesi Selatan. 

Alasan Erick Thohir memilih Ernst & Young juga tidak lain dikarenakan perusahan tersebut merupakan firma jasa profesional multinasional yang berpusat di London, Inggris. EY merupakan salah satu firma jasa profesional terbesar di dunia dan merupakan salah satu dari firma audit Empat Besar tahun 2018. 

Baca Juga: Gerak Cepat, Sehari Setelah Umumkan Bersih-bersih PSSI dan PT LIB, Erick Thohir Tunjuk Ernst & Young

“Hal ini dilakukan sebagai bagian utama dalam bersih-bersih, baik PSSI maupun di Liga," kata Erick Thohir, keterangan tertulis dikutip Jumat, 21 April 2023.

Ernst & Young sendiri saat ini bergerak melalui empat layanan perusahaan yang berfokus pada: 

Pertama, asuransi yang terdiri dari Financial Audit, Financial Accounting Advisory Services, CCaSS (Climate Change and Sustainability services) dan Forensic & Integrity Services.

Baca Juga: Gerak Cepat, Sehari Setelah Umumkan Bersih-bersih PSSI dan PT LIB, Erick Thohir Tunjuk Ernst & Young

Kedua, pajak. yakni terkait Transfer Pricing, Layanan Pajak Internasional, Kepatuhan Pajak Bisnis, Perdagangan Global, Pajak Tidak Langsung, Akuntansi Pajak & Layanan Penasihat Risiko, Teknologi dan Transformasi Pajak, Pajak Transaksi.

Ketiga, konsultasi. terdiri dari tiga lini sub layanan – Konsultasi Bisnis, Konsultasi Teknologi, dan Layanan Penasihat Orang.

Keempat. Strategi dan Transaksi atau SaT. dimana hal tersebut berurusan dengan transformasi modal perusahaan – termasuk Penilaian Bisnis dan Ekonomi, Uji Tuntas, Penasihat Real Estat, M&A, Restrukturisasi (keuangan dan operasional), Strategi Keuangan Perusahaan.

Baca Juga: Tak Main-main, Erick Thohir Langsung Tunjuk Firma Jasa Ini untuk Audit PSSI

Menariknya, Ernst & Young ternyata tercatat pernah memiliki pelanggan yang tidak biasa, yakni Negara Vatikan. Perusahan tersebut dipercaya untuk mengaudit keuangan negara tersebut.

Pada tahun 2013, Paus dari gereja Katolik Roma menggunakan jasa perusahaan EY untuk membantu meninjau keuangan Negara Vatikan serta untuk memverifikasi dan berkonsultasi dengan perusahaan asal Inggris tersebut. Termasuk didalamnya untuk museum, kantor pos, dan department store bebas pajak. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat