bdadinfo.com

Esensi Puasa 6 Hari di Bulan Syawal, Ustadz Adi Hidayat : Sungguh Allah Melihat Kesungguhan Hati Kita - News

Jadwal Buka Puasa imsak lengkap dengan doa Foto: Kemenag

- Bulan Syawal termasuk juga salah satu bulan yang mulia yang menjadi ibadah setelah bulan Ramadhan yang telah dijalankan umat muslim selama satu bulan. 

Disebut bulan mulia karena di dalamnya terdapat anjuran puasa 6 hari dimana pahalanya kata Rasulullah SAW seperti orang yang berpuasa sepanjang tahun.

Dilansir dari kanal YouTube Wancanx yang tayang pada 27 Mei 2020, Ustadz Adi Hidayat pun menjelaskan esensi puasa 6 hari di bulan Syawal meskipun sunnah, nilai puasanya sangat dahsyat, karena sama dengan puasa setahun penuh.

Baca Juga: Banyak yang Lupa, Berikut HIkmah dan Keutamaan Puasa Syawal

"Puasa ini hukumnya sunnah, Anda mau kerjakan silahkan, tidak pun tidak berdosa. Tapi kalau Anda mengerjakan ini nilainya sama dengan setahun puasa penuh, puasanya sampai ketemu Ramadhan lagi, " terang Ustadz Adi.

Sementara itu terang Ustadz Adi, esensi lainnya dari puasa adalah dapat menjaga perbuatan kita dari maksiat dan meningkatkan taqwa kepada Allah SWT.

"Inti puasa adalah melahirkan nilai taqwa dan taqwa secara singkat adalah kemampuan untuk meningkatkan ibadah kita kepada Allah sekaligus dorongan untuk menjauhkan kita dari perbuatan maksiat, itu esensinya, " jelas Ustadz Adi.

Baca Juga: Mana yang Dikerjakan Lebih Dulu, Puasa Syawal atau Bayar Utang Puasa Ramadhan Dulu ?

Ustadz Adi menjelaskan jika ada orang berpuasa 30 hari (selama Ramadhan), diteruskan 6 hari (di bulan Syawal), maka seakan-akan ada korelasi bahwa ia akan mampu menjaga diri sepanjang tahun sebelum bertemu Ramadhan selanjutnya, selama ia masih hidup.

"Bahasa singkatnya, ia akan diberi kekuatan oleh Allah SWT untuk meningkatkan ketaatan dan menjauhi maksiat selama satu tahun penuh, sampai bertemu Ramadhan lagi," terang Ustadz Adi.

Jadi sepanjang tahun menurut Ustadz Adi, seseorang tersebut selama hidupnya akan memiliki nilai taqwa dalam jiwanya.

Baca Juga: Bolehkah Niat Puasa Syawal Digabung dengan Senin- Kamis?

Untuk pelaksanaannya, jelas Ustadz Adi, puasa Syawal tidak dianjurkan untuk dilakukan di hari pertama bulan Syawal.

"Hari pertama kita makan dulu, haram hukumnya puasa. Puasa 6 hari ini diberi pilihan selama bulan Syawal , " jelas Ustadz Adi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat